Senin, 05 Agu 2019 17:32 WIB

Hati-hati! Pakai Gadget Tanpa Henti Bisa Sebabkan Neuropati

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Pemakaian gawai yang terlalu panjang tidak baik untuk kesehatan mata dan juga saraf. (Foto: iStock) Pemakaian gawai yang terlalu panjang tidak baik untuk kesehatan mata dan juga saraf. (Foto: iStock)
Jakarta - Beraktivitas dengan gawai merupakan hal yg biasa. Selain jadi alat komunikasi, gawai juga membantu pekerjaan atau jadi hiburan penggunanya. Ternyata menggunakan gawai dalam posisi yang salah bisa sebabkan neuropati.

Menurut dr Manfaluthfy Hakim, SpS, pemakaian gawai yang berlebihan bisa mengganggu saraf.

"Pada tangan kita ada dua saraf yang rentan terhadap itu. Saraf medianus, saraf utaris/unaris. Dengan posisi yang salah dia tertekuk dan terus menerus akhirnya cedera. Karena salah posisi," ujar dr Luthfy saat ditemui detikHealth di Grand Sahid Jaya, Minggu (4/8/2019).


Hal itu bisa terjadi jika seseorang melakukan aktivitas terlalu lama atau melakukan gerakan yang sama pada gawai berulang-ulang.

Untuk mengatasinya, dr Luthfy menyarankan untuk selalu memperhatikan posisi saat memegang gawai terutama bagi orang-orang yang kerap bekerja dengan gawainya. Bukan badan yang membungkuk mendekati gawai, tetapi gawai yang dipegang mendekat ke muka. Ini dilakukan agar tangan tidak salah posisi dan badan tidak bungkuk.

"Setelah 5 menit, istirahat. Maksimum 10 menit (pakai gawai-red), istirahat. Jangan terus menerus. Lalu lakukan peregangan-peregangan," kata dr Luthfy.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)