Senin, 05 Agu 2019 19:29 WIB

Kacamata Lensa Kuning Baik untuk Berkendara Malam? Ini Kata Studi

Firdaus Anwar - detikHealth
Kacamata lensa kuning dalam studi disebut tidak tidak mempertajam penglihatan di malam hari. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kacamata dengan lensa warna kuning sering dijual dengan klaim dapat membantu memperbaiki penglihatan jadi lebih tajam di malam hari. Alasannya disebut karena warna kuning dapat menghalau lampu kendaraan silau dari arah berlawanan.

Nah terkait hal tersebut studi terbaru oleh peneliti dari Schepens Eye Research Institute membantahnya. Menurut peneliti lensa warna kuning sama sekali tidak membantu mempertajam penglihatan di malam hari, malah sebaliknya.

Pemimpin studi Alex Hwang mengatakan hal ini diketahui setelah melakukan eksperimen pada 22 responden dengan alat simulasi mengemudi. Simulasi termasuk bagaimana menghadapi pancaran sinar lampu kendaraan dari arah berlawanan.


Hasilnya peneliti menemukan bahwa ketika para responden memakai kacamata warna kuning kecepatan reaksinya malah cenderung lebih lambat daripada saat tidak memakai kacamata.

"Pembeli produk semacam ini punya konsep bahwa entah bagaimana kacamata ajaib ini dapat meningkatkan kemampuan berkendara di malam hari," kata Alex seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/8/2019).

"Memakai kacamata dengan lensa berwarna apapun entah itu kuning, merah, atau biru, akan menghalau sebagian besar sinar masuk ke mata. Jadi intinya sama seperti kamu berkendara malam hari dengan kacamata hitam," lanjut Alex.

Studi yang telah dipublikasi di jurnal JAMA Ophthalmology menyebut kacamata lensa kuning masih banyak dijual bebas meski tidak ada bukti keefektifannya.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)