Selasa, 06 Agu 2019 10:15 WIB

Listrik Padam Berjam-jam, Apa Kabar Makanan di Kulkas?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. Foto: Getty Images Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. Foto: Getty Images
Jakarta - Kulkas dengan suhu dingin bertujuan agar makanan dan minuman terjaga kualitasnya. Saat listrik padam berjam-jam, suhu tidak bisa dipertahankan yang membuat kualitas makanan dan minuman pun menurun.

"Jelas bahwa perubahan suhu kulkas ini akan menyebabkan rusaknya makanan kita. Kondisi listrik mati yang lama beberapa tempat sampai 8 jam akan mengganggu penyimpanan khususnya untuk rumah atau rumah makan yang tidak punya genset," jelas praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, dalam pesan yang diterima detikHealth, Selasa (6/8/2019).

Makanan yang berada suhu kamar lebih cepat terkontaminasi dan rusak dan sayangnya diawal rusaknya makanan tersebut belum ada perubahan bau atau warna yang ketika dikonsumsi akan berdampak pada kondisi kesehatan.


dr Ari menambahkan beberapa kuman yang bisa mencemari makanan ketika listrik padam berjam-jam di lemari pendingin antara lain E coli, S thyposa, Clostridium, beberapa jamur dan parasit.

"Kita juga sudah tahu kalau makanan tersebut terkontaminasi jika dikonsumsi akan menyebabkan keracunan makanan bagi yang mengonsumsi. Gejala utama berupa keracunan makanan yang terjadi muntah dan diare," tambahnya.

Sebagai penutup, dr Ari menganjurkan untuk selalu berhati-hati dalam melakukamn pemilihan pada makanan dan minuman dalam kulkas ketika dihidupkan kembali. Lakukan pilah pilih makanan dan keluarkan yang dirasa sudah busuk atau mengalami perubahan rasa, tekstur, bau, maupun warna.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)