Selasa, 06 Agu 2019 11:10 WIB

Mbah Moen Wafat di Usia 90, Ini Pesan Dokter untuk Jemaah Usia Lanjut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mbah Moen wafat di usia 90 tahun saat menunaikan ibadah haji. (Foto: Enggran Eko B/detikcom) Mbah Moen wafat di usia 90 tahun saat menunaikan ibadah haji. (Foto: Enggran Eko B/detikcom)
Jakarta - Wafatnya KH Maimun Zubair atau Mbah Moen di usia 90 tahun mengingatkan lagi risiko yang dihadapi jemaah haji usia lanjut. Dokter memberikan pesan khusus soal itu.

Faktor cuaca merupakan salah satu yang harus diwaspadai, mengingat suhu di siang hari sangat terik. Pada lansia, kondisi ini bisa berdampak pada berbagai masalah kesehatan.

Anjuran minum yang cukup selalu diserukan agar jemaah tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan memperburuk dampak cuaca ekstrem di Tanah Suci.

"Selama di Mesjid diusahakan untuk tetap minum, tempat-tempat penampungan minum yang berisi air zam-zam selalu tersedia di dalam dan di seputar Masjid Nabawi," saran dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.



"Hindari minuman yang mendandung kafein seperti kopi karena dengan mengonsumsi minuman tersebut akan memperberat dehidrasi," tambah dokter yang pernah menjadi tenaga kesehatan haji daerah dan tenaga kesehatan haji khusus-ONH Plus ini.

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah kelelahan akibat perjalanan jauh dan lama. Selama di Mekah menjelang wukuf Arafah, para lansia dianjurkan untuk banyak istirahat.

"Bagaimanapun secara keseluruhan tubuh kita juga perlu istirahat walau kadang kala semangat yang ada dapat mengalahkan kelelahan tersebut," pesan dr Ari.



Simak Video "Mbah Moen Tutup Usia di Mekah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)