Rabu, 07 Agu 2019 17:49 WIB

Awas Kena Tilang! Susah Bedakan Ganjil-Genap Juga Bisa karena Disleksia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Perluasan ganjil-genap di Jakarta resmi diumumkan (Foto: Rifkianto Nugroho) Perluasan ganjil-genap di Jakarta resmi diumumkan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Perluasan ganjil-genap untuk mobil pribadi resmi diumumkan di Jakarta hari ini. Pernahkah terpikir, ada kondisi tertentu yang membuat seseorang rawan kena tilang ketika memasuki rute ganjil-genap?

"Sangat mungkin bagi penyandang disleksia untuk mendapatkan kesulitan membedakan ganjil dan genap, kesulitan membaca kalender," kata dr Kristiantini Dewi, SpA dari Asosisasi Disleksia Indonesia (ADI), Rabu (7/8/2019).

Disleksia merupakan gangguan atau hambatan berbahasa karena perbedaan proses berpikir di otak. Pada penyandang disleksia, bagian otak kiri yang mengolah informasi bekerja dengan cara yang berbeda.


Sangat mungkin bagi penyandang disleksia untuk mendapatkan kesulitan membedakan ganjil dan genap, kesulitan membaca kalenderdr Kristiantini Dewi, SpA - Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI)

Sulit atau lambat membaca dan menulis merupakan salah satu gejala yang paling banyak dikenali dari penyandang disleksia. Pada tipe tertentu, ada yang kesulitan mengenali simbol dan angka-angka.

Namun yang pasti, kondisi ini tidak ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan. Fisikawan legendaris Albert Einstein disebut-sebut punya riwayat disleksia, demikian juga sutradara ternama Steven Spielberg.

Penyebab pastinya tidak diketahui. Namun dalam beberapa penelitian, faktor keturunan memberikan kontribusi yang cukup dominan.



Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)