Rabu, 07 Agu 2019 18:12 WIB

Catat! Makanan Ini Bisa Tangkal Efek Cuaca Dingin di Malam Hari

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi cuaca malam dingin. Foto: Thinkstock Ilustrasi cuaca malam dingin. Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuaca yang ekstrem dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang, begitu pula suhu dingin yang belakangan ini selalu hadir tiap pagi dan malam hari. Tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

"Kalau cuaca dingin bisa infeksi saluran pernapasan dengan gejala demam, pusing, hidung mampet, dan batuk-batuk. Kalau tidak ditangani dengan baik dapat berlanjut ke infeksi paru-paru," jelas praktisi kesehatan dari RS Permata Depok, dr Kevin William Hutomo, saat dihubungi detikHealth baru-baru ini.

dr Kevin menyarankan untuk konsumsi makanan dengan kalori tinggi. Makanan dengan kalori tinggi dapat berguna untuk menjaga suhu tubuh.

"Agar suhu tubuh lebih hangat perbanyak konsumsi daging karena mengandung kalori tinggi. Namun banyak juga makanan lain yang mengandung tinggi kalori seperti kacang-kacangan, coklat, dan nasi," jelas dr Kevin.



Makanan dengan kalori tinggi dapat menjaga suhu tubuh karena kalori merupakan sumber energi yang dibakar oleh tubuh. Semakin banyak jumlah kalori yang dikonsumsi, semakin banyak pula jumlah panas yang dihasilkan tubuh.

Selain konsumsi makanan dengan kalori tinggi, dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi multivitamin dan kenakan jaket atau baju tebal untuk tetap sehat di kala dingin.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)