Rabu, 07 Agu 2019 19:28 WIB

Minum Kopi Dekat dengan Waktu Tidur Tak Membuatmu Insomnia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi kopi. Foto: Istock Ilustrasi kopi. Foto: Istock
Jakarta - Kopi dikenal dengan sederet manfaatnya seperti menambah energi dan membuat seseorang tetap terjaga saat meminumnya. Bahkan beberapa orang akan menghindari minum kopi di malam hari karena takut tak bisa tidur.

Namun sebuah penelitian baru yang mengejutkan menemukan bahwa minum kopi dekat dari waktu tidur atau sekitar 4 jam sebelum tidur tidak mempengaruhi tidur sama sekali. Bahkan menurut mereka konsumsi alkohol jauh lebih mungkin mengganggu tidur daripada kafein.

Peneliti dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School mengamati 785 orang selama 5.164 hari dan malam untuk mencatat berapa banyak kafein, alkohol, dan nikotin yang mereka konsumsi.

Para peneliti mengatakan data mereka menunjukkan bukan kafein yang membuat mereka tetap terjaga tetapi partisipan yang menggunakan nikotin dan alkohol dalam waktu empat jam sebelum tidur merasakan dampak terbesar pada siklus tidur mereka.



"Seperti yang dijelaskan dalam penelitian ini, kafein ternyata memiliki dampak yang cukup rendah dalam kaitannya dengan kualitas tidur. Selama tidak minum satu pitcher kopi, kafein tidak akan berdampak negatif pada kebiasaan tidur," kata ahli tidur dari Insomnia Coach, Martin Reed, mengutip Healthline.

Selain itu, penelitian ini menemukan interaksi yang signifikan antara nikotin dan penurunan kualitas tidur. Mereka yang memiliki kebiasaan merokok cenderung tidur 42 menit lebih sedikit daripada yang tidak.

Meskipun penelitian ini memberikan kabar baik bagi pecinta kopi, para peneliti memperingatkan bahwa dosis kafein, dan variasi individu dalam sensitivitas dan toleransi kafein, tidak diukur dalam penelitian ini dan dapat memainkan peran penting dalam hubungan antara penggunaan kafein dan tidur.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)