ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Agu 2019 19:46 WIB

Kaget Lidah Berubah Jadi Hitam, Ternyata Tanda Kelainan Darah

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi lidah menghitam. Foto: CNN
Jakarta - Seorang pria asal Jepang yang tak diketahui namanya terkejut lidahnya berubah menjadi warna hitam dan membengkak. Pria berusia 71 tahun ini langsung dilarikan ke rumah sakit karena lidahnya menyumbat saluran napas.

Jantungnya sempat berhenti berdetak dua kali dan akhirnya ia dimasukkan ke ICU selama seminggu. Rupanya pria ini mengidap hemofilia, yakni penyakit genetik yang membuat tubuh tak mampu membekukan darah dan bisa memicu pendarahan yang membahayakan nyawa.

Dikutip dari The Sun, pria ini juga dilaporkan kesulitan berbicara atau menelan karena bengkak tersebut. Dr Yuki Kageyama, yang memimpin tim medis yang menanganinya mengatakan lidahnya amat sangat bengkak, berwarna ungu kehitaman hingga keluar dari mulut.


Bengkak tersebut merupakan hematoma lidah masif yang disebabkan darah menumpuk di bawah kulit. Meski dokter telah memberinya obat-obatan namun pada akhirnya gagal dan lidahnya tetap membengkak.

Tiga hari kemudian, pasien ini menjalani operasi lain untuk memasang saluran napas yang lebih stabil di lehernya agar ia bisa bernapas. Operasi ini sukses dan usai menghabiskan waktu selama 64 hari di rumah sakit ia akhirnya dipindahkan ke fasilitas rehab.

"Laporan kami menjelaskan adanya kasus yang amat langka dari seorang pasien yang bisa sembuh total dari serangan jantung akibat kesulitan bernapas. Karena teknik intubasi biasa seperti oral dan nasal insertion sangat sulit dilakukan pada pasien dengan pendarah masif di saluran napas, sehingga tidak perlu ragu untuk menjalankan krikotirotomi atau trakeotomi (prosedur bedah leher untuk melancarkan napas)," tutur salah satu tim Dr Kageyama.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT