Jumat, 09 Agu 2019 09:26 WIB

Sindrom Williams, Penyakit Langka yang Diidap Anak Komedian Dede Sunandar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Anak kedua Dede Sunandar mengidap Sindrom Williams. Foto: Instagram @dede_sunandar Anak kedua Dede Sunandar mengidap Sindrom Williams. Foto: Instagram @dede_sunandar
Jakarta - Anak kedua dari pelawak Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar tengah mengidap penyakit yang tidak banyak ditemukan atau bisa dibilang cukup langka, yaitu Sindrom Williams.

"Iya pak dia lagi sakit, dia punya penyakit yang beda dari semua orang. Penyakitnya William Syndrome. Jadi kayak benar jantung tapi paru-paru sampai lambung ada masalah Pak, jadi harus di operasi mau nggak mau," kata Dede seperti yang diberitakan detikcom.

Sindrom Williams adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan berbagai gejala dan masalah belajar pada anak. Dikutip dari WebMD, anak-anak dengan sindrom ini bisa memiliki masalah pada jantung, pembuluh darah, ginjal, atau organ lainnya.

Hidung, mulut, atau struktur wajah anak-anak dengan sindrom ini mungkin lebih unik daripada yang lain. Dan terkadang mereka mengalami kesulitan belajar.



Penyebabnya tidak lain adalah gen, sekitar 26 gen dihapus dari kromosom 7. Gejalanya pun tergantung pada gen yang hilang. Misalnya seseorang lahir tanpa gen ELN akan memiliki masalah jantung dan pembuluh darah.

Gen-gen tersebut biasanya hilang dalam sperma atau sel telur sebelum bertemu membentuk janin. Dalam sejumlah kasus kecil, bayi mewarisi penghapusan genetik dari orang tua dengan kondisi tersebut, tetapi biasanya merupakan kelainan acak pada gen.

Anak-anak dengan Sindrom Williams ini perlu menemui dokter sepanjang hidupnya. Namun dengan perawatan yang tepat, mereka dapat tetap sehat dan berprestasi di sekolah.



Simak Video "Idap Penyakit Langka, Wanita Ini Menua dengan Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)