Jumat, 09 Agu 2019 11:15 WIB

ASI Bercampur Darah, Aman Tidak Dikonsumsi Si Kecil?

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi ASI. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi ASI. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Seringkali Air Susu Ibu (ASI) yang dihasilkan oleh ibu bercampur dengan darah. Beberapa ibu biasanya merasa panik dan langsung membuang ASI-nya. Padahal ASI yang bercampur dengan darah ternyata tidak berbahaya lho bagi si kecil.

Ibu menyusui tidak perlu merasa panik ketika ASI yang dihasilkan bercampur dengan darah. dr Fransiska Farah, SpA, MKes, dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah (RSPI) menjelaskan beberapa penyebab hal ini dapat terjadi.

"Kalau ASI bercampur darah itu bisa disebabkan oleh puting ibu yang luka jadi bercampur darah dengan ASI. Ada juga sebab lain seperti jika di dekat kelenjar itu ada pembuluh darah, sehingga pada saat ASI diperah atau dipompa keluar darah. Ini agak jarang sebetulnya, tapi ini juga tidak berbahaya," terang dr Fransiska saat dihubungi detikHealth, Kamis (8/8/2019).



ASI yang bercampur dengan darah tidak akan mempengaruhi kualitas ASI dan kesehatan si kecil. Walaupun terkadang ASI yang bercampur dengan darah dapat membuat bayi muntah, dr Fransiska mengatakan ASI ini aman dikonsumsi oleh bayi.

"Walaupun terkadang darah yang bercampur ASI ini bisa buat bayi muntah. Karena darah itu di lambung sifatnya mengiritasi, tapi ini tidak berbahaya jadi tidak masalah dikonsumsi," tandasnya.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)