Jumat, 09 Agu 2019 13:58 WIB

Studi: Tiga Cangkir Kopi Tingkatkan Risiko Migrain

Kintan Nabila - detikHealth
Terlalu banyak minum kopi bisa memicu serangan migrain (Foto: Thinkstock) Terlalu banyak minum kopi bisa memicu serangan migrain (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bagi yang sensitif, terlalu banyak minum kopi bisa memicu serangan migrain. Tetapi seberapa banyak sih untuk dibilang terlalu banyak?

Para ilmuwan mengungkap jawabannya. Dalam sebuah laporan ilmiah, mereka menyebut tiga cangkir kopi sebagai pemicu migrain pada orang-orang tertentu.

"Meminum satu atau dua minuman berkafein dalam sehari kemungkinan bisa terkena migrain. Tetapi ketika meminum tiga cangkir, risiko mengalami serangan migrain pada hari yang sama akan meningkat sebesar 40 persen. Jika meminum lima cangkir, naik lagi menjadi 161 persen," kata Elizabeth Mostofsky dari Universitas Harvard yang melakukan penelitian tersebut.



Penelitian ini melibatkan 98 penderita migrain 'episodik'. Mereka merasakan sakit kepala selama 14 hari dalam sebulan.

Diperkirakan 3 dari 4 wanita Inggris menderita migrain. Gejalanya tak cuma sakit kepala, tetapi juga mual-mual. Kondisi ini bisa berlangsung hingga 72 jam/

"Ada beberapa studi tentang risiko terjadinya migrain dengan perubahan asupan kafein sehari-hari," katanya.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada kaitan antara terjadinya migrain dan seberapa sering kamu mengkonsumsi kafein. Namun, penyebab migrain tidak sepenuhnya dipahami, rasa sakitnya terjadi saat aktivitas otak mempengaruhi sinyal saraf dan pembuluh darah di otak.

Migrain kemungkinan bisa terjadi karena stres, kecemasan, depresi, kualitas tidur yang buruk atau perubahan hormon selama siklus menstruasi. Pemicu lainnya adalah, sering melewatkan waktu makan, mengkonsumsi alkohol dan dehidrasi.

Pernahkah mengalami serangan migrain gara-gara kopi? Ceritakan di kolom komentar.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)