Minggu, 11 Agu 2019 11:30 WIB

Sembelit karena Kebanyakan Makan Daging? Ini Saran Dokter

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Jangan kalap makan daging kambing sampai lupakan sayur dan buah. (Foto: iStock) Jangan kalap makan daging kambing sampai lupakan sayur dan buah. (Foto: iStock)
Jakarta - Masakan dari daging kambing memang menggugah selera. Terlebih setelah kurban nanti, daging kambing bisa jadi menu santapan setiap hari.

Untuk menangkal bahaya kolesterol dan peningkatan kadar lemak yang terkandung di dalamnya, konsumsi sayur dan buah sangatlah diperlukan. Hal itu juga bisa mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan, menurut praktisi kesehatan dan akademisi Prof Ari Fahrial Syam.


"Selain untuk memperlancar buang air besar serat yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan akan mengurangi serapan kolesterol di usus halus," ujarnya.

Daging kambing mempunyai kandungan protein hewani. Protein ini bermanfaat untuk menggantikan sel-sel yang rusak serta berfungsi sebagai zat pembangun.

Asal tak dikonsumsi berlebihan, protein dari panganan berbahan dasar daging tetap diperlukan oleh tubuh. Jangan lupa imbangi juga dengan air mineral.



Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)