Minggu, 11 Agu 2019 13:10 WIB

Tidak Melulu Buruk, Lemak dalam Makanan Ini Sehat Banget Lho

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Alpukat termasuk sumber lemak sehat. (Foto: iStock) Alpukat termasuk sumber lemak sehat. (Foto: iStock)
Jakarta - Lemak kerap dihindari karena dianggap membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun tak semua buruk, lemak tentu masih dibutuhkan tubuh untuk jadi energi.

Dan tak semua lemak itu jahat, dalam beberapa makanan berikut terkandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Berikut 10 makanan 'berlemak' yang wajib kamu konsumsi, seperti dikutip dari berbagai sumber:


1. Alpukat
Dalam satu buah alpukat sedang mengandung sekitar 23 gram lemak monounsatsaturated dan juga 40 persen kebutuhan serat tubuh harian. Alpukat juga bebas sodium, sumber terbaik lutein, antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, dan walnut mengandung asam lemak omega-3 tumbuhan. Almond juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan mata. Meski kacang-kacangan mengandung lemak sehat sekitar 45 gram per 128 gram kacang, setidaknya konsumsi sekitar seperempat cangkir saja sudah bisa mendapat manfaatnya.

3. Zaitun
Buah dan minyak zaitun memiliki lemak sehat, meski tidak terlalu banyak. Minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan minyak untuk menumis dan menggoreng yang lebih baik.

4. Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel, dan tuna mengandung banyak lemak sehat dan asam lemak omega-3 hewani. Mengonsumsinya tentu akan membantumu memenuhi asupan lemak sehat harian.

5. Dark chocolate
Separuh dari konten lemaknya memang termasuk lemak jenuh, namun dalam dark chocolate terkandung lemak sehat juga dan sederet nutrisi sehat seperti vitamin A, B, dan E, kalsium, zat besi, potasium, magnesium, dan flavonoid.


6. Tahu
Tahu sangat dipuja para pelaku diet vegan dan vegetarian, karena merupakan sumber protein nabati dan rendah sodium, selain itu juga memberimu nyari seperempat dari kebutuhan kalsium harianmu. Meski kandungan asam lemaknya tak terlalu tinggi, namun tahu bisa menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan lemak sehat.

7. Edamame
Sama seperti tahu, edamame juga sumber protein nabati yang kaya akan lemak sehat polyunsaturated dan monounsaturated, serta serat yang bisa membantumu tetap kenyang namun sehat.

8. Biji chia
Biji chia sedang ngetren akhir-akhir ini sebagai superfood. Kecil-kecil cabe rawit, biji chia mengandung banyak omega-3, serat, protein, mineral penting dan antioksidan.

9. Telur
Telur merupakan sumber protein yang murah dan mudah. Banyak yang berpikir bahwa putih telur lebih sehat dari kuning telur karena tak mengandung banyak lemak, namun lemak dalam kuning telur tidak terlalu banyak dan juga terdapat beberapa nutrisi penting. Dalam 5 gram lemak di telur, hanya 1,5 gram yang termasuk jenuh. Telur memiliki vitamin B yang bisa membantu meregulasi otak, sistem saraf dan sistem kardiovaskular.

10. Daging tanpa lemak
Kamu tak perlu menghindari steak jika ingin menghindari lemak, cukup pilih daging yang tidak berlemak. Daging tanpa lemak merupak sumber zat besi, protein, dan zinc yang terbaik. Tak lupa, lemak sehat juga terdapat di dalamnya.



Simak Video "3 Gerakan Ampuh Penghilang Lemak Ala Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)