Minggu, 11 Agu 2019 14:07 WIB

Super Bugar, 4 Pria Kenya Ini Pergi Haji dengan Gowes Sepeda

Firdaus Anwar - detikHealth
Tangkapan layar salah satu pegowes sepeda dari Kenya untuk beribadah Haji. Foto: BBC Tangkapan layar salah satu pegowes sepeda dari Kenya untuk beribadah Haji. Foto: BBC
Jakarta - Setiap tahun sejumlah umat muslim secara rutin melakukan perjalanan untuk ibadah haji ke kota Mekah di Arab Saudi. Terkait hal tersebut, empat orang pria dari Kenya memilih berangkat haji dengan cara unik yaitu gowes sepeda.

Salah satu pria, Mohhamed Zahir, mengatakan ia menempuh jarak sekitar 3.500 kilometer dari kota Nairobi hingga akhirnya bisa sampai ke Mekah. Zahir mengaku sudah melatih fisiknya selama delapan bulan agar kuat melakukan perjalanan.


"Iya kami latihan hampir setahun, saya sekitar delapan bulanlah," kata Zahir seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/8/2019).

Zahir dan timnya memang sengaja menggowes sepeda ke Mekah dalam rangka ingin mengumpulkan donasi uang sekitar Rp 7 miliar. Dana tersebut diperlukan untuk membangun fasilitas pendidikan anak-anak Al Furqan di Kenya.

Perjalanan di tempuh selama 45 hari melewati empat negara yaitu Kenya, Etiopia, Sudan, dan Arab Saudi. Dalam sehari Zahir bisa menempuh jarak sampai 100 kilometer dengan sepedanya.

Kini mereka dikabarkan telah sampai dengan aman di Mekah dan fokus menunaikan ibadah haji.



Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)