Senin, 12 Agu 2019 10:30 WIB

Viral Video #NantiKetuker Sapi, Benarkah Anak Cewek Lebih Dekat dengan Ayah?

Michelle Natasya - detikHealth
Video viral menunjukkan anak perempuan khawatir ayahnya tertukar dengan sapi (Foto: 20detik) Video viral menunjukkan anak perempuan khawatir ayahnya tertukar dengan sapi (Foto: 20detik)
Jakarta - Sebuah video viral memperlihatkan seorang anak perempuan menangis karena tidak mengizinkan ayahnya ikut memotong sapi saat Idul Adha kemarin. Video ini viral di twitter dengan #NantiKetuker. Dalam video si anak perempuan tidak mengizinkan ayahnya pergi karena takut ayahnya tertukar dengan sapi.

"Nanti ketuker..," kata anak perempuan dalam video tersebut, sambil memeluk erat tubuh sang ayah.

Banyak yang mengatakan anak perempuan memang cenderung lebih dekat dengan ayah. Sebenarnya faktor apa saja yang bisa membuat seorang anak perempuan dekat dengan ayahnya?

Ratih Zulhaqqi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok mengatakan bahwa sebenarnya tidak semua anak perempuan bisa mudah dekat dengan ayahnya. Usia terkadang juga mempengaruhi kedekatan anak dengan ayah.



Saat masih kecil, anak perempuan cenderung butuh kelembutan yang lebih bisa didapatkan dari sosok seorang ibu. Nah, ketika beranjak remaja maka sosok ayah lebih bisa menjawab kebutuhan soal logika untuk membuat keputusan-keputusan logis.

"Biasanya hal ini dilatih dengan kesempatan-kesempatan yang dilakukan dengan ayah melalui kegiatan sehari-hari," terang Ratih saat dihubungi detikHealth.

Hal lain yang juga menentukan kedekatan ayah dengan anak perempuan adalah kesamaan interest atau minat. "Tema-tema pembicaraan, terus karakter yang tidak terlalu bertolak belakang juga bisa," terang Ratih.

Peran ayah dalam tumbuh kembang anak menjadi sangat penting. Anak yang punya kedekatan dengan ayah memiliki kemampuan berpikir secara logis dan manajemen emosi yang baik.



Simak Video "Ketika Anak Takut Ayahnya 'Tertukar' Sapi Viral di Medsos"

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed