Selasa, 13 Agu 2019 08:39 WIB

Konsumsi Suplemen Kalsium dan Vitamin D Bersamaan Tingkatkan Risiko Stroke?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kalsium dan vitamin D berbahaya dikonsumsi bersamaan? (Foto: ilustrasi/thinkstock) Kalsium dan vitamin D berbahaya dikonsumsi bersamaan? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Untuk menjaga tulang agar lebih sehat dan kuat, biasanya susu dan pola makan menjadi sumber terbaik yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Namun, suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Biasanya hal ini dianjurkan untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan untuk tulang mereka.

Tetapi, sebuah penelitian baru menunjukkan, mengkonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium secara bersamaan dapat menyebabkan stroke hingga penyakit jantung. Berikut penjelasan yang dikutip dari Times of India.

Berdasarkan penelitian di West Virginia University, mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D secara bersamaan dapat meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 17 persen. Beberapa ilmuwan Amerika Serikat juga meyakini bahwa mengkonsumsi kedua suplemen berbeda tersebut dapat menyebabkan atherosclerosis, yaitu suatu kondisi penyempitan arteri akibat penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain di sekitar dinding arteri.


Namun, hal ini dibantah oleh Romil Tikku, direktur asosiasi penyakit dalam Rumah Sakit Max, Delhi. Ia mengatakan, belum pernah menemukan kasus seperti itu.

"Suplemen vitamin D dan kalsium biasanya memang diberikan secara bersamaan. Hal itu karena kalsium membutuhkan vitamin D untuk melakukan penyerapan dan berkombinasi satu sama lainnya. Saya pun belum pernah menemukan kasus yang membuktikan mengkonsumsi kedua suplemen tersebut secara bersamaan dapat menyebabkan stroke hingga jantung," jelas Romil.

Untuk lebih jelas lagi, Romil menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D dan kalsium dari sumber yang alami, serta berkonsultasi kepada dokter sebelumnya.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)