Selasa, 13 Agu 2019 14:29 WIB

Mengenal Terapi Sujok 'Tinta Spidol' yang Viral, Dijelaskan Pakarnya Langsung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Peralatan yang digunakan pada terapi sujok. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth) Peralatan yang digunakan pada terapi sujok. (Foto: Roshma Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Sebuah foto yang sempat viral di media sosial, memperlihatkan jempol tangan dan kaki anak yang berwarna biru. Orangtua anak diketahui menerapkan terapi sujok yang menggunakan warna untuk menurunkan demam buah hatinya.

Praktisi sujok Heriza Budiman mengatakan, warna merupakan salah satu elemen dalam terapi tersebut. Terapi sujok bisa diterapkan dengan magnet dan bijian-bijian, dengan memanfaatkan jalur energi yang ada dalam tubuh. Jalur energi atau meridian ini biasa digunakan dalam praktik akupuntur.

"Warna memiliki gelombang tertentu yang diterima tubuh melalui jalur energi. Dengan memberi warna tertentu maka tubuh akan menerima energi, yang digunakan sebagai bentuk terapi di bagian yang sakit. Dalam terapi sujok digunakan warna merah, hijau, dan biru yang punya fungsi berbeda," kata Heriza saat ditemui detikHealth di Taman Kenari, Bogor, Selasa (13/8/2019).


Warna merah digunakan untuk merangsang aliran energi ke dalam tubuh. Biru untuk mendinginkan suhu tubuh, sedangkan hijau untuk stabilisasi biasa digunakan pada yang kerap merasa nyeri. Fungsi lain berasal dari perpaduan warna tersebut.

Terkait gambar yang viral, warna biru tua digunakan untuk menurunkan demam yang sedang dialami anak. Sedangkan jempol merujuk pada sistem korespondensi yang digunakan pada pengobatan komplementer. Dalam sistem tersebut, kepala merujuk pada jari jempol yang berada di tangan dan kaki.

Dengan mewarnai keempat jempol dengan warna biru tua, diharapkan anak mendapat cukup aliran energi ke kepala. Energi itulah yang kemudian mampu menurunkan suhu tubuh dan menghindarkan anak dari penyakit lain. Dalam foto yang viral, suhu tubuh si anak disebutkan kembali normal dalam waktu singkat.

Menurut Heriza, terapi sujok dengan warna bisa dipelajari siapa saja. Metode ini bisa diterapkan pada diri sendiri atau keluarga saat tubuh terasa tidak enak. Sebagai terapi komplementer, sujok bisa membantu tubuh selalu dalam kondisi sehat.



Simak Video "Dear Bunda, Begini Cara Tepat Menangani Anak saat Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)