Selasa, 13 Agu 2019 20:02 WIB

Bincang Sehat

Tidur dengan Kipas Angin Bikin Paru-paru Basah? Dokter: Salah Kaprah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi tidur dengan kipas angin. Foto: iStock Ilustrasi tidur dengan kipas angin. Foto: iStock
Jakarta - Mandi malam, tidur dekat kipas angin sampai tidur di lantai kerap dipercayai sebagai penyebab penyakit paru-paru basah yang ketiganya sudah terbukti mitos. Spesialis paru dari RS Paru Persahabatan, dr Sita Andarini, SpP (K) ketiga hal tersebut bukan menjadi penyebab langsung terjadinya efusi pleura atau paru-paru basah.

"Mitos. Jadi paru-paru basah itu sebenarnya istilah awam ya tapi dalam istilah medisnya efusi pleura atau cairan yang ada di rongga pleura," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



dr Sita menambahkan istilah paru-paru basah sebenarnya salah kaprah. Banyak yang menganggap paru-paru basah sebagai bronkitis namun sebenarnya itu adalah efusi pleura atau cairan yang ada di rongga paru yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

"Cairan dalam rongga pleura bisa disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya dengan orang dengan infeksi TB, pada pasien kanker paru, atau pasien gagal jantung juga kadang suka sering didapatkan cairan pada rongga pleura dan tidak berhubungan dengan kipas angin," tambah dr Sita.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai paru-paru basah, simak video bincang sehat di bawah ini ya!

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Waspada! Ini Mitos Paru-paru Basah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed