Rabu, 14 Agu 2019 14:11 WIB

Konsumsi Satu Apel Setiap Harinya Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung dan Kanker

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita tengah makan apel. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi seorang wanita tengah makan apel. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apel mengandung banyak vitamin dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan para ahli mengatakan konsumsi apel setiap hari dapat menghindarkan tubuh dari terserang berbagai macam penyakit.

Peneliti dari Edith Cowan University, Australia menuturkan bahwa mengonsumsi makanan kaya akan flavonoid seperti apel dapat memperoteksi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

Ilmuwan meneliti menganalisa pola makan lebih dari 53 ribu orang yang dilakukan selama 23 tahun. Mereka menemukan bahwa partisipan yang mengonsumi setidaknya 500 mg flavonoid atau senyawa yang ditemukan dalam apel lebih kecil kemungkinannya terserang kanker dan penyakit jantung.

Flavonoid dianggap mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan yang sering dikaitkan dengan kesehatan jantung dan kanker.


"Temuan ini penting karena menyoroti potensi untuk mencegah kanker dan penyakit jantung dengan mendorong konsumsi makanan kaya flavonoid terutama pada orang yang berisiko tinggi pada penyakit kronis ini," kata penulis utama penelitian, Dr Nicola Bondonno, dikutip dari Science Daily.

Dr Nicola menambahkan efek perlindngan tampaknya paling kuat bagi mereka yang berisiko tinggi terhadap penyakit kronis akibat merokok dan mereka yang minum lebih dari dua botol alkohol dalam sehari.

"Sangat penting untuk mengonsumsi berbagai senyawa flavonoid yang ditemukan dalam makanan dan minuman nabati yang berbeda. Ini mudah dicapai melalui diet: satu cangkir teh, satu apel, satu jeruk, 100g blueberry, dan 100g brokoli akan memberikan berbagai senyawa flavonoid," tambahnya.

Flavonoid bertindak sebagai antioksidan dalam makanan dan juga bertanggung jawab atas warna-warna indah pada makanan. Selama dua dekade terakhir, penelitian laboratorium dan epidemiologis telah menyarankan bahwa mengonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi dapat mengurangi risiko kanker payudara, usus besar, paru-paru, prostat dan pankreas.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)