Jumat, 16 Agu 2019 10:01 WIB

Seberapa Akurat Tes DNA Bisa Deteksi Masalah Kesehatan?

Kintan Nabila - detikHealth
Tes DNA bukan memberi prediksi pasti penyakit di masa depan. (Foto: iStock) Tes DNA bukan memberi prediksi pasti penyakit di masa depan. (Foto: iStock)
Jakarta - Tren tes DNA masa kini, selain fungsinya untuk melacak silsilah juga bisa mendeteksi masalah kesehatan. Namun, seberapa akuratkah tes DNA bisa memprediksinya?

dr Jessica Lepianda dari Genetics Indonesia mengatakan bahwa tujuan tes DNA adalah untuk mengetahui risiko penyakit. Hasil tes DNA belum tentu memastikan apakah seseorang akan terkena misalnya kanker di masa depan.

"Pemeriksaan ini lebih kepada risiko bukan diagnosis, yang diharapkan ketika tahu kita berisiko nih, maka kita harus ubah gaya hidup," katanya saat ditemui di Four Seasons Hotel, Jakarta. Kamis (15/8/2019).


Ketika tubuh memiliki mutasi gen kanker, maka risiko untuk terkena kanker akan meningkat sebesar 70 persen. Sementara populasi umum yang tidak punya mutasi, risikonya sebesar 12 persen. Namun kembali lagi, hal tersebut hanyalah risiko dan bukan diagnosis

Manajer Laboratorium Genetics Indonesia dr Erny Soedarmo lebih jauh menambahkan tes DNA bukan masalah keakuratan. Tapi mengetahui bagaimana DNA kita bisa menyumbangkan risiko penyakit tadi.

"Pada dasarnya, faktor DNA itu tidak lebih (menyumbang) dari lima persen, selebihnya faktor lingkungan pola hidup, pola makan, pola excersise," katanya saat ditemui di Four Seasons Hotel, Jakarta. Kamis (15/8/2019).

Dengan kata lain Kita jangan hanya berpaku pada hasil tes DNA saja. Karena pada dasarnya risiko penyakit yang akan kita alami di masa depan, banyaknya dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Nah dengan informasi ini, begitu tahu kita punya mutasi gen diharapkan akan segera mengubah gaya hidup.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)