Jumat, 16 Agu 2019 13:33 WIB

Balita Peluk Jenazah Ayah 3 Hari Sempat Diberi Air Gula, Ini Fungsinya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Balita ini ditemukan peluk jenazah ayahnya. (Foto: Yakub Mulyono) Balita ini ditemukan peluk jenazah ayahnya. (Foto: Yakub Mulyono)
Jakarta - Penanganan pertama pada balita yang ditemukan memeluk jenazah ayahnya di Jember adalah dengan memberikan air gula. Apa manfaatnya bagi orang dehidrasi?

Tubuh yang dehidrasi perlu mendapat asupan cairan segera untuk mengoptimalkan fungsi organ. Terlebih tubuh anak-anak mengandung sekitar 75 persen air yang jika kurang maka harus direhidrasi segera. Sebab selain dehidrasi, ada kemungkinan si anak mendapat hipoglikemi, penurunan gula darah.

"Kalau mungkin dia kena hipoglikemi karena kekurangan asupan makanan, ya itu harus dilihat. Gula darahnya turun, karena puasa berhari-hari biasanya turun," ujar praktisi kesehatan anak, dr Wiyarni Pambudi, SpA.



Penyerapan air akan optimal jika dicampur dengan gula dan sedikit garam yang secara osmosis akan cocok dengan darah, menurut PreppingToSurvive.com.

Larutan rehidrasi yang paling mudah dibuat adalah air gula dengan campuran sedikit garam. Bahannya yang mudah ditemukan ini menjadikannya sebagai pertolongan pertama bagi dehidrasi di rumah.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh tak memiliki air dan elektrolit yang cukup, dikutip dari Sciencing.com. Dalam kondisi dehidrasi ringan, seseorang bisa mengalami perubahan mood, sakit kepala, dan haus. Jika parah bahkan bisa menyebabkan kematian.



Simak Video "Bayi di Polewali Mandar Beratnya 7,4 Kg karena Susu Formula"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed