Jumat, 16 Agu 2019 14:30 WIB

Benarkah Lasik Bisa Buat Wanita dengan Minus Tinggi Melahirkan Normal?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lasik bisa memperbaiki kemampuan penglihatan, tapi kalau kelancaran persalinan? (Foto: ilustrasi/thinkstock) Lasik bisa memperbaiki kemampuan penglihatan, tapi kalau kelancaran persalinan? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Melahirkan normal menjadi keinginan bagi setiap wanita dan calon ibu. Jika tak ada kendala atau risiko tertentu, dokter pun biasanya menyarankan untuk melahirkan dengan normal.

Namun bagi ibu hamil yang memiliki mata minus tinggi, dokter kandungan biasanya akan menyarankan berkonsultasi ke spesialis mata. Sebab hal ini bisa menjadi risiko dan disebut bahwa wanita dengan minus tinggi tak bisa melahirkan dengan normal. Bagaimana faktanya?

"Kalau minus matanya tinggi, biasanya bola matanya lebih besar. Nah kita concern sama yang mau melahirkan. Orang minus tinggi, sudah pasti diameter bola mata tinggi dan dengan diameter bola mata besar, dinding retina akan berubah. Kalau terjadi penipisan maka nggak bisa ngelahirin normal," tutur spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Setiyo Budi Riyanto, beberapa waktu lalu.

dr Budi mengatakan bukan minus mata tinggi yang membuat wanita tak bisa melahirkan normal. "Kalau dia minusnya 9 misalnya, tapi retina matanya normal ya nggak masalah lahiran normal," sebutnya.

baca juga

Jika punya minus tinggi dan ingin dilasik agar bisa melahirkan normal, tetap masih ada kondisi yang bisa membuatnya harus memilih opsi lain karena akan membahayakan ibu dan janin.

"Misal dia dilasik untuk mengecilkan minus supaya bisa lahiran normal dan minusnya sudah nol, dia tetap tidak boleh melahirkan normal kalau retina matanya tipis. Jadi bukan masalah lasik atau tidak lasik," tuturnya.

Risiko yang bisa dialami apabila memaksakan untuk tetap melahirkan dengan normal adalah retina mata bisa terlepas dan mengalami ablasio retina. Ablasio retina dapat menyebabkan penglihatan buram secara tiba-tiba bahkan buta mendadak. Kondisi ini termasuk gawat darurat medis.

"Jadinya bisa buta, bukan cuman buram-buram," pungkasnya.

baca juga

Simak Video "Langka! Ibu Kulit Hitam ini Lahirkan Bayi Kulit Putih Dua Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed