Minggu, 18 Agu 2019 14:55 WIB

Dimas Seto Masuk UGD karena Masalah Pencernaan, Ini Kemungkinannya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dimas Seto (Foto: Ismail/detikHOT) Dimas Seto (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Artis Dimas Seto dikabarkan masuk UGD karena masalah pencernaan pada Sabtu (17/8/2019). Suami Dhini Aminarti tersebut mengalami sakit maag sampai diare.

"Ya masyaallah ya. Benar tadi yang Oki bilang. Ini 17 Agustus yang beda dari sebelumnya. Biasanya aku sibuk urusin kegiatan kompleks. Cuma hari ini aku dikasih izin suami yang lagi sakit untuk datang ke sini memenuhi undangan Oki," kata Dhini dikutip dari detikcom.



Dikutip dari situs MSD Manual, maag merupakan masalah dalam sistem pencernaan yang bisa jadi merupakan GERD, tukak lambung, atau iritasi usus. Gangguan maag biasa ditandai mual, sakit perut, kembung, sering sendawa, serta sensasi dada dan tenggorokan seperti terbakar.

Gangguan maag bisa makin buruk, akibat tekanan dari lingkungan yang akhirnya mengubah pola hidup. Faktor lain adalah merokok, jarang olahraga, dan suka mengonsumsi hidangan dengan rasa tajam hingga akhirnya masuk Unit Gawat Darurat (UGD).

Dalam kondisi ini biasanya pasien merasa sakit perut hingga tak bisa berdiri tegap, nafsu makan hilang, feses hitam, nyeri dada, sesak napas, dan sulit menelan. Dalam kasus ini biasanya dokter di UGD akan menyarankan beberapa tes sebelum memberikan penanganan, misal tes darah, endoskopi, dan USG perut serta rontgen.



Simak Video "Penjelasan Dokter Soal Viral Masker Pantyliner untuk Lawan Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)