Senin, 19 Agu 2019 11:30 WIB

Deretan Makanan Terlarang yang Tak Boleh Dimasak Menggunakan Microwave

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Amankah memasak dengan microwave? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Microwave bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk memanaskan kembali makanan dan minuman bahkan bisa memasak beberapa bahan dengan waktu yang cepat.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya tidak pernah dimasukkan ke dalam microvawe. Kamu mungkin pernah mendengar tentang pembungkus wadah yang dapat menyebabkan kebakaran, lelehan atau mengeluarkan racun berbahanya. Selain itu ada makanan yang seharusnya tidak dimasukkan ke dalam microwave.

Ada sejumlah produk makanan yang benar-benar tidak boleh dimasak menggunakan microwave. Alasannya mulai dari racun hingga ledakan yang membuat beberapa makanan ini tak boleh dimasak dengan microwave. Berikut di antaranya dikutip detikHealth dari berbagai sumber.


1. Telur

Kamu tidak boleh mencoba merebus telur dengan microwave. Memasak telur yang belum dikupas berbahaya karena cangkang telur tahan panas. Bahaya serupa juga berlaku saat memasak telur ceplok.

Kuning telur ditutupi oleh sejumlah serat yang jika terganggu dapat menyebabkan ledakan. Temperatur tinggi dalam microvawe menghasilkan uap di dalam telur yang ketika tekanan terbentuk bisa menyebabkan telur meledak.

2. Cabai

Cabai, terutama cabai kering menjadi salah satu bahan yang juga tak boleh dimasak dengan microwave. Capsaicin, atau bahan aktif pada cabai akan menguap ketika dimasukkan ke dalam microwave. Meski tidak akan meledak, asap yang dikeluarkan harus dihindari karena menyebabkan mata menjadi perih ketika terkena.

3. ASI Perah

Banyak ibu menyusui memompa dan membekukan ASI sehingga dapat disimpan dan digunakan saat dibutuhkan yang sebelumnya dicairkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi. Namun ibu harus berhati-hati saat mencairkan ASI beku.


Menurut Food and Drug Administration (FDA), air susu ibu tidak akan panas merata saat dipanaskan dengan microwave sehingga akan menciptakan bintik panas yang dapat melepuh di langit-langit mulut bayi yang sensitif.

4. Segelas air

Memanaskan segelas air sepertinya penggunaan normal untuk microwave dan lebih cepat daripada teko apalagi jika tidak memiliki teko listrik. Namun saat memanaskan segelas air di microwave, air bisa menjadi super panas tanpa mendidih.

Kemudian jika menambahkan teh atau mengaduk air, ia bisa tumbah bahkan meledak yang menyebabkan luka bakar yang besar.

5. Daging olahan

Mungkin nampak konyol, tapi memanaskan kebab dengan microwave adalah ide yang buruk. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Control, daging olahan yang dipanaskan dengan microwave dapat menyebabkan pembentukan produk oksidasi kolesterol (COP), yang sebelumnya telah dikaitkan dengan penyakit jantung koroner.

6. Daging beku

Semua orang pasti menyadari pada suatu waktu mereka lupa mengeluarkan daging dari freezer untuk dicairkan saat akan dimasak dan kemudian memutuskan untuk mencairkannya dengan microwave agar lebih cepat. Namun mencairkan daging beku dengan microwave bisa menjadi sedikit rumit. Jika panasnya tidak merata, bakteri penyebab penyakit akan dengan senang hati mengerubungi daging.



Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)