Senin, 19 Agu 2019 17:00 WIB

Pertolongan Pertama Saat Tersedak Agar Tak Berakibat Fatal

Michelle Natasya - detikHealth
Ada beberapa tips pertolongan pertama yang bisa dilakukan (Foto: iStock) Ada beberapa tips pertolongan pertama yang bisa dilakukan (Foto: iStock)
Jakarta - Bocah berusia 7 tahun dikabarkan meninggal dunia akibat makan sambil berenang. Informasi ini beredar viral di media sosial. Menurut dokter, risiko tersedak memang ada ketika makan dilakukan sambil berenang maupun melakukan aktivitas lainnya.

"Makan sambil berenang itu gak boleh. Pada waktu lagi makan kan dia harus koordinasi antara jalan napas sama yang untuk menelan, karena dia lagi berenang, dia harus konsentrasi untuk napas juga, akibatnya bisa keselek," kata dr Wahyuni Indawati, SpA(K), dokter spesialis anak konsultan respirologi RS Pondok Indah (RSPI) saat dihubungi detikHealth, Senin (19/8/2019).

Choking atau tersedak memang umum terjadi. Tapi hal ini tidak boleh disepelekan. Tersedak bisa berbahaya dan menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Oleh sebab itu, pertolongan sesegera mungkin diperlukan ketika seseorang mengalami choking.



Dikutip dari nhs.uk, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang jika melihat orang dewasa atau bayi berusia di atas 1 tahun tersedak:

1. Tersedak ringan
Jika jalan napas hanya tersumbat sebagian, orang tersebut biasanya dapat berbicara, menangis, batuk, atau bernapas. Mereka biasanya bisa membersihkan penyumbatan itu sendiri. Instruksikan mereka untuk terus batuk untuk mencoba membersihkan penyumbatan. Minta mereka untuk mencoba memuntahkan benda tersebut. Jika batuk tidak bekerja, mulailah memberikan pukulan ringan ke punggung mereka.

2. Tersedak parah
Saat tersedak parah, orang itu tidak dapat berbicara, menangis, batuk ataupun bernapas. Tanpa bantuan, mereka bisa kehilangan kesadaran. Untuk memberikan bantuan ketika seseorang tersedak parah, berilah pukulan punggung dengan cara :

-Berdiri di belakang mereka dan berdiri di salah satu sisi. Tekan dada mereka dengan 1 tangan.Condongkan mereka ke depan sehingga objek yang menghalangi jalan napas mereka keluar dari mulut dan tidak bergerak lebih jauh ke bawah.
-Berikan 5 kali pukulan di antara tulang belikatnya dengan tumit tangan anda. Tumit tangan berada di antara telapak tangan dan pergelangan tangan.
- Periksa apakah penyumbatan telah bersih. Jika tidak, berikan 5 kali Abdominal thrusts.



3. Abdominal thrusts
Perlu diperhatikan, jangan berikan Abdominal thrusts kepada bayi di bawah 1 tahun atau wanita hamil. Untuk memberikan Abdominal thrusts lakukanlah:

- Berdiri di belakang orang yang tersedak.
- Tempatkan lengan anda di pinggang mereka dan tekuk tubuh mereka ke depan.
- Kepalkan satu tangan dan letakkan tepat di atas bagian pusar mereka.
- Letakkan tangan lainnya di atas kepalan tangan anda dan tarik tubuh mereka ke arah dalam dan ke atas.
- Ulangi gerakan ini hingga 5 kali.

Jika jalan napas seseorang masih terhalang setelah mencoba pukulan punggung dan Abdominal thrusts, segera dapatkan bantuan. Lanjutkan pukulan punggung sebanyak 5 kali dan Abdominal thrusts sebanyak 5 kali hingga bantuan tiba. Jika mereka kehilangan kesadaran dan tidak bernapas, segera berikan CPR dengan kompresi dada.



Simak Video "Ada yang Tersedak? Coba Teknik Hiemlich"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)