Senin, 19 Agu 2019 19:25 WIB

Diet Rendah Karbo Cocok bagi Pengidap Diabetes

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Diet rendah karbohidrat yang terkontrol baik untuk pengidap diabetes. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Diet rendah karbohidrat yang terkontrol baik untuk pengidap diabetes. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Penderita diabetes disarankan untuk melakukan diet rendah karbohidrat atau low-carb. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet ini mampu mengontrol kadar gula darah dan trigliserida.

Penelitian yang dilakukan oleh Bispebjerg Hospital, Aarhus University, dan the University of Copenhagen memberikan hasil bahwa diet mengurangi karbo cocok bagi pengidap diabetes tipe 2, dikutip dari Healthline.

"Studi kami mengonfirmasi asumsi bahwa diet dengan karbo yang dikurangi bisa memperbaiki kemampuan pasien untuk meregulasi level gula darahnya tanpa mengurangi berat badan," jelas Dr Thure Krarup, kepala peneliti.


Diet ini serupa dengan diet keto yang kerap populer bahkan di kalangan artis. Namun para pakar mengingatkan agar tidak menghilangkan karbohidrat di dalam asupan makanan. Sebab, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi bagi otak.

Ketimbang memangkas habis karbohidrat yang dikonsumsi, ada baiknya mengutamakan kualitas karbo. Kurangi karbohidrat olahan tinggi, termasuk makanan yang mengandung gula. Perbanyak makan sayuran hijau yang mengandung prebiotik dan probiotik.



Simak Video "Ngiler Lihat Gorengan? Boleh Makan Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)