Senin, 19 Agu 2019 19:45 WIB

Jangan Disepelekan, Berikut Beberapa Kasus Kematian Akibat Tersedak

Michelle Natasya - detikHealth
Tersedak bisa jadi hal berbahaya bila tak ditangani dengan baik. (Foto: iStock) Tersedak bisa jadi hal berbahaya bila tak ditangani dengan baik. (Foto: iStock)
Jakarta - Dalam sebuah pesan viral yang beredar di media sosial, bocah laki-laki berusia 7 tahun dikabarkan meninggal dunia karena mengonsumsi sushi sambil berenang. Menurut dr Wahyuni Indawati, SpA(K), dokter spesialis anak konsultan respirologi di RS Pondok Indah (RSPI), risiko tersedak memang ada ketika makan dilakukan sambil berenang maupun melakukan aktivitas lain.

Tersedak memang umum terjadi. Seseorang yang tersedak dapat batuk terus menerus sampai mereka mengeluarkan makanan atau cairan yang tersumbat di tenggorokan atau saluran napas mereka. Namun, dalam beberapa kasus, tersedak dapat berujung pada kematian. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kasus kematian akibat tersedak :

1. Tersedak rambutan
Pada 2013, seorang bocah berumur 5 tahun di Jatinegara, Jakarta Timur, tersedak saat sedang menyantap rambutan bersama keluarganya. Berdasarkan cerita ayahnya, ketika makan rambutan ketiga, balita itu melihat cicak di atasnya sehingga ia tersedak rambutan. Keluarga sudah mencoba memberikan pertolongan. Namun, nyawa balita tersebut tidak dapat diselamatkan.

2. Tersedak muntahan sendiri
Tahun 2009, orang-orang dikejutkan dengan kematian salah satu personel boy band, Boyzone Stephen Gately. Penyebab kematiannya pun membuat orang kaget. Bagaimana tidak, Stephen harus kehilangan nyawanya karena tersedak muntahannya sendiri. Ia tersedak muntahannya sendiri ketika tidur, setelah sebelumnya mengonsumsi banyak minuman beralkohol.


3. Tersedak sempol
Bulan Juli 2019 lalu, seorang bocah berusia 8 tahun di Jawa Timur meninggal karena tersedak jajanan sempol. Berdasarkan keterangan keluarga, korban memiliki kebiasaan makan terburu-buru. Setelah sempat mendapatkan perawatan di RS Itihad Togokan, Srengat, korban dinyatakan meninggal dunia.

4. Tersedak taco
Seorang pria tewas karena tersedak ketika sedang mengikuti lomba makan taco di California. Dikutip dari Mirror, saat pria tersebut tersedak, tim medis sudah berusaha memberikan pertolongan pertama. Namun sayang, nyawa pria 41 tahun tersebut tidak bisa diselamatkan.



Simak Video "Ada yang Tersedak? Coba Teknik Hiemlich"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)