Senin, 19 Agu 2019 22:18 WIB

5 Hal yang Wajib Dilakukan Bila Tak Yakin Besok Bisa Bangun Pagi

Michelle Natasya - detikHealth
Besok harus bangun pagi tapi malam kadang susah tidur (Foto: Thinkstock) Besok harus bangun pagi tapi malam kadang susah tidur (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Besok harus bangun pagi untuk bersiap bekerja, tapi kok belum bisa tidur juga ya? Hati-hati lho, kalau tidurnya terlalu malam bisa-bisa besok bangun kesiangan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk membuat bangun pagi meski waktu tidur pada malam sebelumnya agak berantakan. Beberapa perubahan kecil bisa berdampak untuk meningkatkan energi dan mood pagi hari, lho.

1. Taruh alarm jauh dari jangkauan
Jika kamu menaruh alarm di tempat yang mudah dijangkau, akan ada godaan untuk mematikan atau menunda alarm dan kembali tidur. Jika alarm jauh dari jangkauan, kamu harus turun dari tempat tidur untuk mematikannya dan lebih mudah untuk tetap terjaga dan melanjutkan hari.

2. Pastikan tidur berkualitas dan lakukan pola tidur yang teratur
Pastikan kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Cobalah tidur pada waktu yang kira-kira sama setiap malam dan tetap atur alarm untuk bangun pada waktu yang sama, bahkan di akhir pekan. Tubuhmu akan memiliki kesempatan untuk membiasakan diri dengan pola ini.



3. Rencanakan untuk langsung mandi
Mandi di pagi hari dapat menyegarkan dan 'membilas' rasa kantuk. Mandi air dingin dapat membuat tubuh kamu lebih fresh dan siap menjalani hari.

4. Siapkan ritual pagi
Banyak orang merasa stres karena harus menghadapi hari kerja atau tugas baru. Tetapi, jika hal pertama yang dilakukan menyenangkan, hal ini dapat membuatmu lebih mudah untuk bangun di pagi hari. Pilih kegiatan yang kamu sukai dan membuatmu bersemangat memulai hari.

5. Buka gorden agar cahaya masuk
Ketika kamu bangun tidur, buka jendela untuk membiarkan cahaya masuk atau keluarlah dari rumah. Cahaya matahari dapat membuat otak kamu terus bekerja sehingga membangun mood dan membuat kamu merasa lebih segar.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)