Selasa, 20 Agu 2019 16:27 WIB

Menkes: 243 Jemaah Haji Meninggal Tahun Ini, Terbanyak Sakit Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek menyambut kedatangan jemaah haji (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth) Menkes Nila F Moeloek menyambut kedatangan jemaah haji (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta - Kepulangan jemaah haji pada Senin (19/8/2019) lalu, disambut langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Nila juga memberikan penjelasan terkait keadaan jemaah haji selama di Tanah Suci.

Disinggung mengenai jemaah haji yang meninggal, Nila membeberkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan. Jumlah jemaah haji yang meninggal tahun ini lebih tinggi sedikit dibandingkan tahun lalu.

"Menurut data Kemenkes, tahun ini ada 243 orang. Sedangkan tahun lalu, ada di angka 220 orang," jelas Menteri Nila, Selasa (20/8/2019).



Nila mengatakan, sakit jantung atau kardiovaskular masih menjadi penyakit yang mendominasi jemaah haji meninggal. Selain itu, banyaknya orang lanjut usia, penyakit paru, dan dehidrasi juga menjadi penyakit lain yang diderita jemaah.

"Sakit jantung memang masih sangat mendominasi. Selain itu, banyak juga jemaah yang kesehatannya menurun karena dehidrasi. Padahal, suhu di sana cukup normal sekitar 38-44 derajat," lanjutnya.

Selain itu, peningkatan jumlah tahun ini juga disebabkan karena banyak jemaah yang sudah lanjut usia dan baru mendapat kesempatan beribadah tahun ini meninggal mendadak. Hal ini bisa dipengaruhi oleh cuaca yang panas dan kering serta kelelahan.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)