Selasa, 20 Agu 2019 18:27 WIB

Ajaib! Gumpalan Rambut Seberat 2 Kg Diangkat dari Perut Remaja Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi gumpalan rambut. Foto: Istimewa Ilustrasi gumpalan rambut. Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang remaja putri di India menghebohkan setelah gumpalan rambut seberat 2 kg diangkat dari perutnya. Sebelumnya, ia mengeluhkan rasa nyeri di perut hingga muntah-muntah.

Ia lalu memeriksakan diri ke dokter, yang menemukan gumpalan rambut tersebut yang lalu diangkat melalui operasi. Pooja, nama remaja tersebut, mengaku bahwa ia kerap mengunyah rambutnya sendiri.

Dikutip dari Daily Mail, rupanya Pooja mengidap sebuah sindrom langka bernama sindrom Rapunzel alias trichophagia. Sindrom ini berbahaya karena 'terbiasa' mengunyah rambut sejak kecil bisa membuatnya menumpuk di usus karena tidak bisa dicerna.


Gumpalan ini bisa menyebabkan komplikasi mulai dari inflamasi, kerusakan usus, penurunan bobot, pankreatitis, hingga appendicitis. Dokter yang menanganinya mengatakan remaja ini bisa saja meninggal jika tak segera ditangani.

"Pasien masuk ke rumah sakit dengan keluhan nyeri dan muntah. Dia sangat lemah dan sulit berjalan. Jika ia tak dioperasi tepat waktu, dia bisa saja mengalami kekurangan nutrisi yang membahayakan nyawanya. Usai tes dan ditanyai, dia mengaku dia mengunyah rambutnya sendiri," kata Dr Rajesh Kumar Pandey, dokter bedah yang menangani Pooja.

Gumpalan rambut tersebut memenuhi ususnya hingga membentuk 'ekor' di usus kecil. Kini dikabarkan bahwa kondisi Pooja telah kembali stabil.



Simak Video "Kisah Bocah India yang Tubuh dan Wajahnya Penuh Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)