Rabu, 21 Agu 2019 14:31 WIB

Tantri 'Kotak' Syok Dideteksi Idap Toksoplasma, Kondisi Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Tantri 'Kotak' sempat syok terdeteksi toksoplasma. (Foto: Silmia Putri/Wolipop)
Jakarta - Penyanyi Tantri 'Kotak' baru-baru ini mengabarkan dirinya tengah hamil anak kedua. Kabar tersebut ternyata sempat menyimpan cerita sedih karena di awal kehamilan Tantri mengetahui dirinya terdeteksi toksoplasma.

"Ada yang nemenin cek adek, ada cerita sedikit sebenernya kehamilan saya di awal terdeteksi toxoplashma, yang ga tau google ya. Sempet shock, takut dan sedih. Pengen cerita banyak dalam bentuk video aja sih. Setuju ga aku masukin di vlog?" tulis Tantri di Instagram pada Rabu (21/9/2019).

Toksoplasmosis sendiri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh infeksi parasit Toxoplasma gondii dengan gejala mirip seperti influenza yaitu mudah lelah dan demam.


Namun demikian toksoplasmosis tidak boleh dianggap remeh terutama bagi ibu hamil. dr Boy Abidin, SpOG(K), dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading pernah menjelaskan bahwa toksoplasmosis bisa mengakibatkan keguguran hingga bayi menderita toksoplasmosis bawaan dengan gejala berupa kelainan mata dan telinga, retardasi mental, kejang-kejang, serta ensefalitis atau radang otak.

"Kebetulan host utama tokso ini kucing ya, yang perlu diwaspadai itu kotorannya. Jadi di dalam ususnya itu sering ditumpangi parasit Toxoplasma gondii. Kalau kotorannya ini dibiarkan mengering lalu jadi debu, maka bisa menempel ke hewan lain atau terbawa angin," kata dr Boy beberapa waktu lalu.

Pasangan sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir memelihara hewan peliharaan asal bisa menjaga kebersihan. dr Boy menyarankan selalu cuci tangan setelah memegang hewan, mencuci peralatan makan dengan baik, dan memasak makanan atau minuman sampai matang.



Simak Video "Cegah Toksoplasma Sejak Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)