Rabu, 21 Agu 2019 16:47 WIB

Tantri 'Kotak' Terdeteksi Toksoplasma, Apakah Bisa Diobati?

Firdaus Anwar - detikHealth
Tantri kotak bercerita kalau dirinya sempat takut ketika terdeteksi toksoplasma. (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Penyanyi Tantri 'Kotak' mengaku sempat syok, takut dan sedih saat dirinya terdeteksi memiliki parasit toksoplasma. Kondisi ini berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran hingga kecacatan pada calon bayi.

"Ada yang nemenin cek adek, ada cerita sedikit sebenernya kehamilan saya di awal terdeteksi toxoplashma, yang ga tau google ya. Sempet shock, takut dan sedih. Pengen cerita banyak dalam bentuk video aja sih. Setuju ga aku masukin di vlog?" tulis Tantri di Instagram pada Rabu (21/9/2019).

Toksoplasmosis adalah sebutan untuk penyakit infeksi yang disebabkan oleh infeksi parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini biasanya hidup di hewan peliharaan seperti kucing.


Ketua Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Indonesia (ADHPHKI) drh Siti Komariah pernah menjelaskan kalau toksoplasma sebetulnya bisa sembuh dengan perawatan tepat. Wanita yang akrab disapa drh Ooy ini mengatakan pasien biasanya akan diberi obat oral berupa antibiotik.

Obat antibiotik perlu dikonsumsi dalam kurun waktu empat sampai enam minggu. Untuk menghindari terulangnya infeksi toksoplasma, drh Ooy mengingatkan pentingnya merawat hewan peliharaan dengan baik.

"Periksakan (hewan peliharaan) ke dokter dan yang terpenting jaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan," pesan drh Ooy untuk menghindari infeksi toksoplasma.

Toksoplasma diketahui bisa menular melalui udara (airbone) dan masuk ke aliran darah.



Simak Video "Cegah Toksoplasma Sejak Dini"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)