Kamis, 22 Agu 2019 14:27 WIB

Tak Sengaja Telan Tulang Ikan, Usus Pria Ini Robek

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi tersedak tulang ikan. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Seorang pria berkewarganegaraan Jepang dilarikan ke ruang gawat darurat setelah mengalami sakit luar biasa di area perutnya. Selama pemeriksaan fisik, perut pria tersebut terasa lembek dan mengalami demam.

Pria itu memberitahu dokter bahwa sehari sebelum rasa sakitnya muncul, ia sempat makan ikan ekor kuning. Pemeriksaan CT scan menunjukkan usus kecilnya telah tertusuk oleh sesuatu yang kecil namun padat. Dengan kata lain, benda yang mirip tulang kecil tersangkut di ususnya.

Dikutip dari Live Science, pria berusia 72 tahun tersebut akhirnya menjalani operasi dan dokter menemukan tulang ikan sepanjang 2 cm telah menembus usus kecilnya. Saat ia tak sengaja menelan tulang ikan, itu ternyata merobek ususnya.


"Dokter terpaksa mengeluarkan sebagian dari usus kecilnya. Ia juga menerima antibiotik untuk menangkal infeksi yang mungkin terjadi akibat lubang di ususnya," demikian dilaporkan situs tersebut.

Orang-orang sering secara tidak sengaja menelan tulang ikan. Namun kasus benda asing yang tertelan dan menyebabkan robekan di usus hanya kurang dari 1 persen.

Kita dapat menurunkan risiko tertelan tulang ikan dengan membeli ikan fillet yang hampir tidak memiliki tulang. Selain itu makan perlahan dan tidak terburu-buru juga mampu menjauhkan risiko tertelan tulang ikan.



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)