Kamis, 22 Agu 2019 16:50 WIB

Dikaitkan dengan Seks 'Gangbang' di Garut, Ini Gejala HIV pada Pria

Kintan Nabila - detikHealth
Gejala HIV pada pria (Foto: iStock) Gejala HIV pada pria (Foto: iStock)
Jakarta - Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyerang sistem imun dan dapat menyebabkan kematian. Jika virus-virus lainnya mampu dilawan oleh sistem imun tubuh, tak demikian yang terjadi saat HIV menyerang.

Salah seorang pemeran pria dalam video 'seks gangbang' di Garut disebut positif terinfeksi virus ini. Pasangan wanitanya, saat diperiksa statusnya negatif.

Gejala HIV bisa jadi berbeda pada setiap orang. Sangat jarang terjadi dua orang mendapat gejala yang sama persis. Dikutip dari Healthline, pengidap HIV melewati tiga tahap: sakit akut, periode tanpa gejala, dan infeksi lanjutan.



Pria yang mendapat HIV bisa mengalami bisul pada penisnya. Berkurangnya produksi hormon seks atau hypogonadism juga dapat terjadi dan efeknya lebih terlihat dibandingkan perempuan. Salah satu aspek hypogonadism adalah berkurangnya hormon testosteron yang ditandai dengan disfungsi ereksi.

1. Sakit Akut
Pada sakit akut gejala dapat berlangsung selama 1-2 minggu. Gejala yang kerap muncul antara lain:

- Ruam pada tubuh
- Sakit tenggorokan
- Sakit kepala parah
- Demam

Gejala lain yang cenderung jarang adalah:

- Kelelahan
- Pembengkakan kelenjar getah bening
- Bisul di mulut
- Sakit pada otot dan sendi
- Mual dan muntah
- Keringat di malam hari



2. Periode Tanpa Gejala
Setelah sakit akut, pengidap HIV memasuki masa tanpa gejala yang bisa terjadi berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Pada periode ini virus sedang melakukan duplikasi dan mulai melemahkan sistem imun. Virus aktif, tetapi pasien tak merasakan sakit.

3. Infeksi Lanjutan
Infeksi lanjutan kemudian terjadi ketika HIV 'berhasi' melemahkan sistem imun seseorang. Pada tahap ini HIV sudah menjadi AIDS yang merupakan tingkat terparah. Pasien akan lebih mudah terkena penyakit infeksi lainnya.

Gejalanya antara lain:

- Mual
- Muntah
- Kelelahan kronis
- Penurunan berat badan dengan cepat
- Tubuh panas dingin
- Kehilangan ingatan dan gangguan saraf lainnya.



Simak Video "Virus HIV Bisa Dihambat Sama Obat ARV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)