Kamis, 22 Agu 2019 19:05 WIB

Paksa Balita Diet Vegan, Orang Tua Ini Dihukum Penjara 18 Bulan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi bayi diet vegan. Foto: Dok. iStock Ilustrasi bayi diet vegan. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Pasangan suami istri di Australia menghadapi ancaman hukuman 18 bulan penjara karena memaksa anaknya yang masih balita diet vegan. Saat pertama kali ditemukan pada 2018 lalu sang anak yang kala itu usianya 19 bulan tampak sangat kurus seperti bayi 3 bulan.

Kondisi sang anak diketahui setelah orang tuanya menelepon layanan gawat darurat karena mengalami kejang-kejang. Petugas menemukan ia terbaring lemas dengan kondisi bibir biru, tangan dan kaki dingin, gula darah rendah, serta massa otot yang minim.


"Dia tidak bisa duduk, dia tidak bisa mengucapkan kata-kata, dia tidak bisa makan sendiri, dia tidak bisa bermain dengan mainan ... dia tidak bisa menggulingkan badannya," kata seorang petugas seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/8/2019).

Dalam sidang di Pengadilan Downing Centre, Hakim Sarah Huggett mengkritik orang tua yang telah membuat nyawa anaknya terancam karena memaksa diet tidak sehat.

"Anak ini malnutrisi parah, kurang berat badan, tubuhnya kecil, dan tumbuh kembangnya terhambat dari yang seharusnya," kata Hakim Sarah.

Orang tua awalnya merasa tidak percaya bayi mereka malnutrisi karena anak mereka yang lebih tua tidak mengalami masalah. Namun demikian pengadilan telah memutuskan kalau keduanya bersalah.

Sang ibu terutama dianggap terlalu percaya oleh keyakinannya terhadap diet vegan sehingga malah membahayakan anak.






Simak Video "Diet Vegan, Eva Celia Tanam Tanaman Hidroponik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)