Senin, 26 Agu 2019 10:29 WIB

Rajin Bersih-bersih Rumah Bisa Bikin Terhindar dari Risiko Mati Muda

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mengepel rumah sudah setara seperti berolahraga ringan, lho. Foto: iStock Mengepel rumah sudah setara seperti berolahraga ringan, lho. Foto: iStock
Jakarta - Apakah kamu salah satu orang yang malas berkegiatan aktif di rumah? Mungkin hasil studi berikut ini akan mengubah pikiranmu agar jadi semakin rajin bersih-bersih.

Kegiatan aktif di rumah seperti memasak atau mencuci piring disebut para peneliti bisa menghindarkan kita dari risiko mati muda. Sebab kegiatan tersebut sudah setara dengan melakukan olahraga ringan.

Peneliti menyebut harapan hidup bisa semakin panjang hanya dengan bergerak lebih banyak dan duduk lebih sedikit. Risikonya semakin menurun seiring dengan semakin meningkatnya intensitas, misal melakukan kegiatan rumah dengan intensitas sedang, seperti berjalan-jalan ringan, mengepel atau menyapu.


Studi yang dilakukan oleh University of Leicester ini mengkaji ulang delapan studi sebelumnya dengan melibatkan 36.383 orang dewasa dengan rentang usia 40 ke atas. Orang-orang ini akan menggunakan tracker yang akan memonitor kesehatan mereka dalam kurun waktu 5,8 tahun, sebanyak 2.149 orang ditemukan meninggal di antaranya.

"Penemuan ini benar-benar menguatkan istilah 'Melakukan sesuatu lebih baik ketimbang tidak melakukan apa-apa'. Mereka menunjukkan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas apapun menurunkan riskiko kematian," kata Dr Charlotte Edwardson, salah satu peneliti, dikutip dari The Sun.

Dr Edwardson menyarankan jika kamu termasuk kategori yang jarang olahraga, perbanyak gerak di kantor atau di rumah masih memiliki manfaat yang hampir sama.





Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)