Selasa, 27 Agu 2019 13:07 WIB

Ini Alasan Tak Boleh Mencuci Ayam Sebelum Dimasak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mencuci ayam. (Foto:iStock)
Jakarta - Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, bolehkah mencuci ayam terlebih dahulu sebelum memasaknya? Ahli kesehatan dan keamanan pangan menyarankan agar tidak melakukan hal tersebut karena diklaim dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Kebanyakam orang yang mencuci ayam sebelum dimasak memiliki pemikiran bahwa mereka sedang mengenyahkan kuman dari ayam. Banyak yang berasumsi bahwa ayam mentah penuh dengan bakteri seperti campylobacter atau salmonella.

"Faktanya, mencuci ayam justru memperburuk perkembangan bakteri. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, air yang mengalir dan cipratan air dapat menyebarkan bakteri di sekitar bak cuci, meja, dan bahkan pakaian yang dikenakan," demikian dikutip dari Reader's Digest.


Satu-satunya cara pasti untuk menghilangkan bakteri adalah memasak ayam pada suhu yang tepat dan aturan ini berlaku juga untuk jenis daging dan ikan lainnya. Suhu minimum untuk memasak ayam harus 165 derajat.

Jika masih ragu untuk tetap mencuci ayam atau tidak, cobalah tidak mencuci ayam setidaknya satu kali untuk melihat perbedaannya. Apabila tetap melanjutkan kebiasaan mencuci ayam, ambil langkah disinfektan untuk mencegah kontaminasi silang.

Cuci tangan secara menyeluruh setelah menyentuh ayam mentah atau makanan apapun atau alat yang telah bersentuhan dengannya.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)