Selasa, 27 Agu 2019 15:29 WIB

Punya Rahim Ganda, Wanita Ini Lahirkan Anak Kembar Beda 11 Minggu

Firdaus Anwar - detikHealth
Kelahiran anak kembar dari rahim ganda disebut langka. (Foto: iStock) Kelahiran anak kembar dari rahim ganda disebut langka. (Foto: iStock)
Jakarta - Anak kembar biasanya lahir tidak terpaut jauh dari saudaranya. Tapi satu wanita di Kazakhstan karena kondisi yang unik dilaporkan melahirkan anak kembar berselang 11 minggu.

Liliya Konovalovaa (29) dari kota Uralsk tidak menyangka dirinya akan melahirkan anak kembar di dua kesempatan berbeda saat hamil. Proses persalinan pertama dilakukan pada bulan Mei tahun lalu dan berikutnya pada Agustus 2019.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut keterangan ternyata Liliya memiliki kondisi langka rahim ganda atau dalam dunia medis disebut uterus didelphys. Hal ini berdampak pada anak kembar Liliya jadi bisa tumbuh berkembang di rahim berbeda yang terpisah.


"Saya terkejut ketika pertama kali tahu kondisi ini," ungkap Liliya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (27/8/2019).

Dikutip dari Live Science, saat anak perempuan pertama Liliya lahir kondisinya memprihatinkan dengan berat tubuh kecil karena prematur. Oleh karena itu dokter sengaja membiarkan anak kedua tetap tinggal di dalam rahim karena kontraksi persalinan juga sudah berhenti.

Akhirnya setelah sekitar 11 minggu berlalu lahir anak laki-laki kembarannya dengan kondisi sehat.

"Anak laki-laki saya tidak terburu-buru untuk bisa keluar menyapa dunia," canda Liliya.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)