Selasa, 27 Agu 2019 17:20 WIB

Kalkulator Masa Subur, Penting Diketahui Agar Cepat Hamil

Rizky Wika Shintya Devi - detikHealth
Kalkulator masa subur. Foto: istock Kalkulator masa subur. Foto: istock
Jakarta - Kehamilan jadi momen yang dinantikan oleh tiap pasangan baru setelah menikah. Untuk mempercepat proses kehamilan, kamu bisa menggunakan kalkulator masa subur.

Masa subur wanita (ovulasi) adalah saat menstruasi terjadi, maka sel telur (ovum) wanita akan mulai tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Saat ovum sudah matang, rahim akan melepaskan ovum.

Hal tersebut memiliki kemungkinan besar untuk terjadinya kehamilan. Dan, menjadi keuntungan bagi para pasangan yang ingin cepat memiliki buah hati. Masa subur wanita terdiri dari dua jenis, yaitu masa subur puncak dan masa subur biasa. Untuk masa subur puncak terjadi 13 hari setelah hari pertama menstruasi. Sedangkan, masa subur biasa terjadi 3 hari sebelum dan sesudah masa subur puncak.

Umumnya, masa subur wanita yang ideal berlangsung 12-14 hari, dari hari pertama menstruasi. Dan, masa subur wanita terjadi pada hari ke 10-17 hari berakhirnya menstruasi. Tapi, ingat ya Detikers, siklus menstruasi wanita berbeda-beda sehingga penting untuk membuat catatan khusus siklus menstruasi.

Kalkulator masa subur.Kalkulator masa subur. Foto: iStock

Kini, tidak hanya menggunakan kalkulator masa subur online, baiknya kamu bisa menghitung dengan menggunakan kalkulator masa subur akurat sendiri dan berhasil untuk mempercepat proses kehamilan dan mengetahui kapan masa subur terjadi.

Dalam perhitungan kalkulator masa subur ibu hamil ialah membuat catatan khusus tentang kapan mulai menstruasi dan hari menstruasi selama 4-8 bulan. Tujuannya ialah untuk mengetahui siklus panjang-pendek waktu menstruasi. Cara menghitung masa subur untuk siklus menstruasi teratur, yaitu mengurangi hari pertama haid dengan angka 14, kamu akan mengetahui masa suburnya.

Contohnya, Kamu mulai menstruasi pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haidmu berikutnya, jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa suburmu. 30 - 14 = 16, maka masa subur kamu tanggal 16 Juli.


Kalkulator Masa Subur Haid Tidak Teratur

Buat para wanita, jangan khawatir apabila memiliki siklus haid yang tidak teratur. Kalkulator masa subur haid tidak teratur sama saja dengan wanita yang memiliki siklus haid normal, yaitu dengan membuat menstrual diary terlebih dahulu. Karena memiliki perbedaan pada masa subur, tiap wanita dapat dikatakan normal jika siklus haid antara 21-35 hari.

Contohnya, siklus menstruasimu selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari.

Siklus terpendek ialah 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat kamu berada pada posisi paling subur. Dan, siklus terpanjangmu ialah 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat kamu paling subur.

Selain perhitungan melalui kalkulator masa subur panduan ibu seperti di atas, kamu bisa nih Detikers dengan mengetahui beberapa ciri wanita saat masa subur, yakni
- Gairah seks yang lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa
- Keluarnya cairan bening yang mirip seperti putih telur yang disertai dengan adanya bercak kecoklatan
- Bagian rahim terasa lebih lembut dan terbuka
- Nyeri pada bagian payudara namun waktunya tidak lama
- Perut bagian bawah terasa sakit disertai dengan rasa kembung atau mulas
- Sakit kepala
- Mual
- Lebih sensitif terutama di bagian indera penciumannya




Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)