Kamis, 29 Agu 2019 18:52 WIB

Stempel Tak Kasat Mata untuk Lawan Pelecehan Seksual Laku Keras di Jepang

Firdaus Anwar - detikHealth
Stempel anti pelecehan seksual buatan ilmuwan Jepang. (Foto: CNN) Stempel anti pelecehan seksual buatan ilmuwan Jepang. (Foto: CNN)
Jakarta - Maraknya kasus pelecehan seksual di tempat umum membuat satu perusahaan di Jepang, Shachihata, berinovasi menciptakan stempel khusus dengan tinta tak kasat mata. Fungsinya disebut untuk membantu mengidentifikasi pelaku pelecehan.

Di tempat ramai seperti di dalam kereta atau bus yang penuh pelaku pelecehan bisa beraksi diam-diam memanfaatkan keadaan. Nah stempel ini bisa dipakai untuk menandai tangan atau bagian tubuh lain dari pelaku saat melancarkan aksinya.


Tinta tak kasat mata dipakai supaya pelaku tak sadar dan berusaha menghilangkan jejaknya. Tinta hanya bisa terlihat bila disinari cahaya tertentu.

Juru bicara perusahaan, Fumihiro Mukai, mengatakan harapannya dengan stempel ini angka kejadian pelecehan seksual di Jepang bisa berkurang.

Fumihiro sendiri mengaku kaget terhadap antusiasme publik. Hanya dalam waktu sekitar setengah jam 500 produk yang dipasarkan sebagai uji coba langsung habis terjual.

"Saya kaget begitu cepatnya stempel ini laku," kata Fumihiro seperti dikutip dari CNN.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)