Jumat, 30 Agu 2019 20:13 WIB

Ibunda SBY Wafat karena Usia, Kenali 5 Penyakit yang Menyerang Lansia

Rosmha Widiyani - detikHealth
Daya tahan tubuh yang melemah membuat lansia rentan terserang penyakit (Foto: iStock) Daya tahan tubuh yang melemah membuat lansia rentan terserang penyakit (Foto: iStock)
Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ibunda SBY, Siti Habibah, meninggal dunia.

"Innalillahi wainnailaihirajiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Ibu Siti Habibah, ibunda dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada hari Jumat, tanggal 30 Agustus 2019, Pukul 19.21 WIB di RS Mitra Keluarga Cibubur," kata Wasekjen Partai Demokrat Rachland Nashidik kepada wartawan, Jumat (30/8/2019) dikutip dari detikcom.

Ibunda SBY sebelumnya sempat dirawat di RS di Cibubur karena sakit. Siti Habibah dikabarkan jatuh sakit karena usia.



Tumbuh menjadi semakin lemah dan lebih berisiko sakit seiring pertambahan usia. Dikutip dari Vital Record, ada 5 penyakit yang rentan menimpa usia tua. Berikut penjelasannya:

1. Penyakit kronis

Sekitar 92 persen lansia memiliki setidaknya satu penyakit kronis sesuai data National Council on Aging. Penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes menyebabkan dua pertiga kematian setiap tahun.

2. Gangguan kesehatan kognitif

Gangguan kesehatan kognitif meliputi penurunan kemampuan berpikir, belajar dan mengingat. Masalah kesehatan kognitif yang paling umum dihadapi lansia adalah demensia, dengan kenaikan sekitar 47,5 juta kasus atau naik tiga kali lipat pada tahun 2050.



3. Penurunan kesehatan mental

Data World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan, lebih dari 15 persen orang dewasa dengan usia lebih dari 60 tahun mengalami gangguan mental. Dari data tersebut, kasus depresi terjadi pada tujuh persen populasi lansia. Depresi dapat menjadi efek samping dari penurunan kesehatan tubuh atau akibat penyakit kronis.

4. Cedera fisik

Setidaknya, tiap 15 detik ada orang dewasa yang lebih tua dirawat di ruang gawat darurat karena jatuh. Penuaan menyebabkan kekuatan dan kelenturan tubuh menurun yang mengakibatkan lansia rentan kehilangan keseimbangan, memar dan patah tulang. Dua penyakit yang ikut meningkatkan risiko cedera fisik adalah osteoporosis dan osteoartritis.

5. Gangguan nutrisi

Kasus kekurangan atau malnutrisi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun sering tidak terdiagnosis. Gangguan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, misal melemahnya sistem kekebalan tubuh dan kelemahan otot. Penyebab malnutrisi dapat berasal dari gangguan kesehatan lain yaitu demensia hingga lupa makan, depresi, diet, dan minim kontak sosial.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)