Sabtu, 31 Agu 2019 06:30 WIB

Tips Buat Workaholic Agar Tak Kepikiran Kerja Saat Liburan

Kintan Nabila - detikHealth
Seorang workaholic nyaris tidak kenal libur (Foto: iStock) Seorang workaholic nyaris tidak kenal libur (Foto: iStock)
Jakarta - Kamu ingin liburan tapi selalu kepikiran tempat kerja? Sekalipun liburan kamu tak pernah merasakan arti berlibur yang sebenarnya. Misalnya, kangen suasana kantor, kangen rekan kerja, bahkan kamu selalu ingin memastikan apakah keadaan di kantor baik-baik saja.

Psikolog Veronica adesla dari Personal Growth mengatakan. Bisa jadi kamu termasuk tipe workaholic atau penggila kerja.

"Memang dia segitu workaholic-nya, sehingga dia mesti ngatur kalaupun mau pergi (liburan), ia harus memastikan semua pekerjaan yang ditingalkan (ke bawahan) harus dikerjakan sesuai dengan standarnya," katanya pada detikHealth, Rabu (28/7/2019).



Tapi jangan khawatir, ini bukan berarti kamu tidak akan pernah bisa liburan selamanya. Berikut tips biar tak kepikiran pekerjaan saat liburan.

1. Planning

Cobalah buat perencanaan liburanmu dari jauh-jauh hari, minimal 2-3 bulan sebelumnya. Hal ini agar semua pekerjaan yang kamu tinggalkan di kantor bisa berjalan dengan baik.

"Sebelumnya dimanage dulu. Kalau kamu bos atau owner, bisa briefing dulu dengan karyawan lain untuk pembagian tugas kerja." Kata Veronica.

2. Enjoy the moment

Saat liburan kamu harus enjoy the moment atau menikmati suasananya. Biar enggak terus kepikiran kerjaan di kantor, kamu bisa mengeksplorasi hal-hal baru dan menentukan apa saja yang bisa kamu lakukan disana. Misalnya, kalau pergi ke laut. Kamu bisa coba snorkeling atau diving.

"Belajar untuk enjoy the moment, mengeksplorasi apa yang bisa kamu lakuan disana," katanya.



3. Jangan berdiam diri di rumah

Liburan tak harus pergi ke berbagai tempat, lho! kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di rumah. Tapi, hanya berdiam diri seharian suntuk, malah akan membuatmu kepikiran urusan kantor lagi.

"Do something new, temukan hobi baru dan lakukan hal-hal yang enggak bisa kamu lakukan di jam kerja," kata Veronica.

Kamu boleh bersantai dan malas-malasan tapi kalau terus-terusan, sayang. Waktu liburanmu jadi tidak optimal untuk penyegaran.

"Kalaupun liburan, sebisa mungkin bangunnya sama kayak rutinitas sehari-hari. Biar nanti pada saat masuk kerja bawannya nggak males," pungkasnya.



Simak Video "Gerakan Ringan untuk Mulai Liburan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)