Sabtu, 31 Agu 2019 09:10 WIB

Viral Lintah di Hidung, Orang Tua Sempat Perhatikan Wajah Anak Pucat

Firdaus Anwar - detikHealth
Kisah lintah di hidung anak Puji viral. (Foto: Facebook/Setyo Pe-je Chelsea) Kisah lintah di hidung anak Puji viral. (Foto: Facebook/Setyo Pe-je Chelsea)
Jakarta - Ardiyatsa Hamizan Eka Putra (39) alias Puji belakangan viral di Facebook ketika membagikan kisah unik yang dialami anak laki-lakinya. Hampir sebulan tidak ada yang sadar penyebab mimisan sang anak karena ada lintah di hidung.

Kepada detikHealth pria dari Solo ini bercerita bahwa ia dan sang istri sempat tidak curiga saat anak mereka yang masih berusia 4,5 tahun kerap mimisan tak berhenti. Untuk berjaga-jaga, sang anak dibawa ke puskesmas. Namun kala itu dokter menyebut kemungkinan penyebabnya hanya karena kelelahan atau panas dalam.

"Awalnya anak saya hampir 20 hari-an mimisan tiap menit, sebagai orang tua saya bawa ke dokter terus diagnosanya ini karena kecapaian karena panas dalam. Kebetulan memang di Solo cuacanya lagi agak panas," kata Puji.


Sang anak sendiri sehari-hari beraktivitas normal tanpa mengeluh apapun kecuali hidungnya yang sering mengeluarkan darah. Puji mulai memperhatikan keanehan ketika wajah sang anak mulai tampak pucat dan tidur mendengkur.

Hingga akhirnya ada kerabat menyebut pernah membaca artikel kejadian dengan ciri serupa disebabkan karena lintah di dalam hidung.

"Istri saya enggak bisa tidur kepikiran, kebetulan saya di luar kota. Jam 11 malam dia WA saya 'Pah kayaknya bener ada hewannya'. Divideoin nyorot ke dalam hidung emang kaya ada yang jalan ke atas," ungkap Puji.

"Langsung bawa ke rumah sakit, ternyata bener ada lintah masuk gede. Sekitar 3 sentimeter, sekelingking saya," lanjutnya.

Usai dikeluarkan oleh dokter lintah tersebut dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Sang anak sendiri tidak mengalami komplikasi serius dan kini jadi lebih hati-hati setiap bermain selalu jaga kebersihan.

"Dia ngertinya cacing, ya sampai sekarang. Dia sekarang main-main aja cuma lebih hati-hati begitu abis main langsung cuci," pungkas Puji.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)