Sabtu, 31 Agu 2019 14:00 WIB

Tak Pikun di Usia 84, Dokter '10 Ribu' Mangku Sitepoe Sudah Menulis 26 Buku

Michelle Natasya - detikHealth
Menulis jadi rahasia Mangku Sitepoe untuk menghindari pikun (Foto: Rengga Sancaya/detikHealth) Menulis jadi rahasia Mangku Sitepoe untuk menghindari pikun (Foto: Rengga Sancaya/detikHealth)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu
Jakarta - Di usia 84 tahun, Mangku Sitepoe masih aktif menjalankan kerja sosial memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Ia rela cuma dibayar Rp 10 ribu.

Dokter Mangku, demikian sapaannya, sering disebut sebagai dokter perprofesi ganda. Sebab bukan hanya sebagai dokter manusia, dokter Mangku juga merupakan dokter hewan.

Kebanyakan orang akan mulai pikun jika memasuki usia tua, tapi tidak bagi dokter Mangku. Saat diwawancarai detikHealth, Jumat (30/8/2019) di Klinik Pratama Bhakti Sosial Kesehatan Santo Tarsisius di Kebayoran Lama, ia masih luwes menceritakan semua kisah hidupnya bahkan ia mengingat setiap detail tanggal dan tahun kejadian.

Saat ditanya mengenai rahasianya, dokter Mangku mengatakan hobi menulis dan membaca membantunya untuk terus berpikir sehingga ia tidak cepat pikun. Memaksimalkan penggunaan panca indra juga meminimalkan risiko pikun pada orang tua.

"Saya nulis buku. Saya suka nulis dan baca. Apa yang saya ingat semua saya tulis. Kalau nulis kan kita jadi gak cepet lupa juga," ujar dokter Mangku.

Sebagai penulis, Mangku cukup produktif dengan 26 judul buku yang ditulisnya.Sebagai penulis, Mangku cukup produktif dengan 26 judul buku yang ditulisnya. Foto: Rengga Sancaya/detikHealth




Sampai saat ini, dokter Mangku masih aktif menulis buku dan tulisan opini di media massa. Sejauh ini ia sudah menulis sebanyak 26 buku. Salah satunya adalah 'Corat Coret Anak Desa Berprofesi Ganda' yang menceritakan kisah dan perjuangan hidupnya yang inspiratif.

"Sekarang juga masih sibuk nulis buku. Kemarin baru selesai nulis opini tentang kebiri kimia. Beberapa kali juga tulisan saya dimuat di media massa," pungkasnya.

Bisa dicontoh nih, biar tidak cepat pikun.Bisa dicontoh nih, biar tidak cepat pikun. Foto: Rengga Sancaya/detikHealth




Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Dokter Rp 10 Ribu