Sabtu, 31 Agu 2019 16:02 WIB

Viral Lintah Hidup di Hidung Anak, Ini Bahaya Lintah yang Tersangkut

Firdaus Anwar - detikHealth
Potret lintah hidup yang diambil dari hidung anak Puji. (Foto: Facebook/Setyo Pe-je Chelsea) Potret lintah hidup yang diambil dari hidung anak Puji. (Foto: Facebook/Setyo Pe-je Chelsea)
Jakarta - Seorang anak berusia 4,5 tahun dari Solo, Jawa Tengah, viral setelah foto-foto pengangkatan lintah di hidungnya tersebar di Facebook. Menurut sang ayah, Puji (39), kemungkinan hewan masuk saat anaknya sedang berenang.

"Saya bulan Agustus itu bermain air dua kali satu di daerah pegunungan satu di kolam renang. Pikir saya waktu maen air ini entah telurnya atau yang masih kecil mungkin masuk ke hidung itu," kata Puji pada detikHealth dan ditulis Sabtu (31/8/2019).

Ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dr Bagas Wicaksono, SpTHT, dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang menyebut kejadian lintah masuk ke hidung memang bukan hal langka. Lintah senang masuk ke rongga tubuh seperti hidung atau telinga karena kondisinya yang lembap dan gelap.


Anak-anak mungkin sulit membedakan bila ada sesuatu seperti lintah tersangkut di dalam hidung karena bisa terasa mirip pilek. Peran orang tua untuk mendeteksi keanehan misalnya bila anak jadi sering mimisan.

"Mimisan yang 'normal' itu enggak sering paling setahun sekali atau dua kali. Jumlahnya juga enggak banyak cukup ditutup sama tisu berhenti sendiri. Nah kalau sampai mimisan tiap bulan atau beberapa hari berturut-turut, patut dicurigai harus cek ke dokter THT," kata dr Bagas.

Bila lintah dibiarkan hidup di dalam hidung menurut dr Bagas risikonya terjadi masalah infeksi, radang sinus, hingga anemia. Oleh karena itu secepatnya ke dokter agar lintah bisa diangkat dari hidung menggunakan alat.

"Ada alat seperti klem yang sangat panjang. Ujung lintahnya di klem supaya enggak bisa gerak dan ditarik. Kalau terlalu sulit misalnya karena anak rewel bisa dibius, ditidurkan sementara jadi tindakan gampang," lanjut dr Bagas.

"Biasanya kalau masih anak-anak proses penyembuhan cepat jadi biasanya enggak meninggalkan sisa penyakit yang terlalu berat," pungkasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)