Sabtu, 31 Agu 2019 18:05 WIB

Keseringan Catok dan Warnain Rambut Bikin Rambut Cepat Rontok

Michelle Natasya - detikHealth
Berbagai usaha biasanya dilakukan untuk mempercantik penampilan misal catokan. (Foto: Getty Images) Berbagai usaha biasanya dilakukan untuk mempercantik penampilan misal catokan. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Setiap perempuan pasti ingin menjadi cantik. Berbagai usaha biasanya dilakukan untuk mempercantik penampilan termasuk dengan mencatok dan mengganti warna rambut dengan berbagai model dan warna. Namun ternyata keseringan mencatok dan mencat rambut bisa menyebabkan kerontokan lho ladies.

Kerontokan memang umum terjadi. Jika setiap hari kurang lebih terdapat 100 helai rambut yang rontok, namun di hari yang sama tumbuh rambut baru, maka ini masih dalam batas normal. Tapi jika kerontokan terjadi terus menerus tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan.

Dr. Marie Valentine SpBP, dokter spesialis bedah plastik di RSKB Bina Estetika, menjelaskan bahwa beberapa kebiasaan pada rambut harus diperhatikan seperti kebiasaan mencatok dan mengecat rambut yang bisa menyebabkan kerontokan.


"Pola aktivitas rambut harus diperhatikan. Bahan kimia dari cat dan faktor mekanik panas dari alat catokan dapat membuat rambut menjadi rontok," katanya.

Selain mencatok dan mencat rambut, kebiasaan para wanita yang suka mengikat rambut ke belakang (ponytail) juga harus diperhatikan. Jangan sampai teknik pengikatan rambut terlalu kencang dan berlebihan.

"Wanita kan juga sering ikat rambut ke belakang, nah kalau kekencangan juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Catok, shampoo tidak cocok, infeksi kulit kepala juga bisa buat rontok," pungkas dokter Valentine.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)