Senin, 02 Sep 2019 09:41 WIB

Superfood! Konsumsi Kacang Turunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kacang mengandung banyak nutrisi penting (Foto: iStock) Kacang mengandung banyak nutrisi penting (Foto: iStock)
Jakarta - Makan kacang setidaknya dua minggu sekali dikaitkan dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah 17 persen dalam studi terbaru yang dipresentasikan dalam World Congress of Cardiology.

"Kacang adalah sumber lemak jenuh yang baik. Mereka juga memiliki protein, mineral, vitamin, serat, pitosterol, dan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan jantung," kata penulis studi Dr Noushin Mohammadifard dari Isfahan Cardiovascular Research Institute, dikutip dari Science Daily.

Mengonsumsi kacang juga dapat mengurangi risiko mengalami pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung fatal. Kacang juga baik untuk meningkatkan kesehatan lapisan pembuluh darah.



Peneliti menyebut makan kacang dua kali atau lebih per minggu dikaitkan dengan 17 persen risiko kematian kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan dengan mengonsumsi kacang sekali dalam dua minggu.

Keterkaitan tersebut sangat kuat bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor yang lain seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, merokok, dan aktivitas fisik.

"Kacang segar adalah yang paling sehat. Kacang harus segar karena jika tidak, lemak tak jenuh bisa teroksidasi menjadi kacang basi yang membuatnya berbahaya," pungkas Dr Mohammadifard.

Mengutip Mayo Clinic, kacang mengandung setidaknya beberapa zat yang menyehatkan jantung seperti lemak tak jenuh, omega 3, serat, vitamin E, sterol, dan L-argin yang membantu meingkatkan kesehatan arteri dan mencegah pembekuan darah.



Simak Video "Cara Murah dan Mudah Hindari Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)