Selasa, 03 Sep 2019 05:00 WIB

Viral Soal Berendam Air Dingin Bisa Melancarkan Peredaran Darah, Benarkah?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Berendam dalam air dingin diklaim bisa menyehatkan, benarkah? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Berendam dalam air dingin dikatakan bisa membantu melancarkan peredaran darah. Informasi ini tertulis dalam unggahan Facebook tentang lima manfaat merendam kaki dalam air dingin selama 15 detik.

Menurut dokter ahli penyakit dalam konsultan kardiovaskuler dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, informasi dalam unggahan tersebut tidak benar. Merendam kaki dalam air dingin justru berisiko buruk untuk kesehatan.

"Suhu dingin bisa mengakibatkan vasokontriksi yaitu penyumbatan pembuluh darah di kaki. Akibatnya kaki jadi terlihat lebih pucat dan keriput," kata dr Eka pada detikHealth, Senin (2/9/2019).



Mengecilnya pembuluh darah sebetulnya mekanisme umum saat terpapar suhu dingin. Menurut dr Eka, tubuh mencegah pelepasan panas dari tubuh dengan mengecilkan pembuluh darah. Hasilnya tubuh masih merasa nyaman dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Peredaran darah yang tidak terlalu lancar bisa diakibatkan sumbatan pada pembuluh atau kondisi darah. Penyebab sumbatan adalah penumpukan plak, lemak, dan kolesterol dalam pembuluh darah yang disebut aterosklerosis.

"Untuk sumbatan yang diakibatkan kondisi darah misal terlalu kental atau kotor. Sumbatan akibat darah atau pembuluh tak bisa diatasi hanya dengan merendam kaki dalam air dingin dan panas selama 15 detik," kata dr Eka.

Sumbatan bisa diatasi dengan minum obat sesuai resep dokter, serta menjalankan pola hidup sehat. Hal ini meliputi rajin olaharaga, minum air putih, cukup konsumsi buah dan sayur setiap hari, serta tidak merokok.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)