Selasa, 03 Sep 2019 06:00 WIB

Viral Soal Obat Digerus Sebelum Diminum, Sebenarnya Boleh Nggak Sih?

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi obat (Foto: iStock) Ilustrasi obat (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah foto yang diunggah oleh akun di media sosial Twitter mendadak viral karena memperlihatkan cara minum obat dengan cara digerus. Banyak warganet yang mengaku punya cara yang sama untuk minum obat tapi tak sedikit yang menganggapnya berbahaya.

Dalam foto yang dibagikan oleh @Evobl**dlett*rs terlihat dirinya yang menggerus tiga butir obat sekaligus sebelum diminum dengan caption "hanya untuk orang payah sepertiku" mendapat hampir 2 ribu komentar dari netizen.

Menanggapi hal tersebut, apoteker Drs Wahyudi Uun Hidayat, MSc, Apt, mengatakan dipasaran terdapat beragam jenis dan bentuk obat. Ada beberapa jenis obat tertentu yang memang tidak boleh digerus karena alasan keamanan.

"Ada warning untuk tidak bisa digerus itu karena pertama dia dilapisi gula. Kamu tahu bahwa obat itu ada yang rasanya pahit sekali kan nah supaya tidak terlalu pahit maka dia dilapisi gula namanya sugar coated tablet," katanya saat dihubungi detikHealth, Senin (2/9/2019).



Selain itu, Wahyudi menambahkan ada obat yang sifatnya bisa mengiritasi lambung sehingga diberi lapisan atau coated agar tidak menimbulkan reaksi juga terdapat jenis sustain release atau kerja lepas lambat sehingga apabila digerus, ditakutkan akan berdampak pada kerja obat.

"Nah ketiga bentuk sediaan ini kenapa tidak boleh digerus, karena pada saat digerus sifat-sifat asli obat itu semuanya akan keluar dan hilang," tambahnya.

Meski demikian, masih terdapat jenis obat yang boleh digerus. Untuk jenis yang tak boleh digerus, akan terlihat jelas dari tampilan luar atau rasa dari selaput obatnya.

"Tampilannya itu banyak, misal kamu beli obat bebas tanpa resep dokter lihat aja bentuk tabletnya. Kalau dia bentuknya licin atau mengkilat atau saat dijilat misalnya rasanya manis, pasti itu adalah sugar coated," pungkasnya.





Simak Video "Hati-hati! Obat Penyakit Diabetes Paling Banyak yang Dipalsukan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)