Selasa, 03 Sep 2019 08:30 WIB

Alasan dan Cara Mencegah Napas 'Bau Naga' saat Bangun Tidur

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Napas yang bau alias 'bau naga' di pagi hari sering kita alami. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Duh, bangun pagi ini napas kok 'bau naga'? Napas yang bau saat bangun tidur kadang sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri.

Napas yang bau umumnya disebabkan karena produksi air liur saat tidur mengundang bakteri untuk datang. Kemudian volatile sulfur (VSC) bisa terbentuk dan menyebabkan bau tak sedap.

Dikutip dari Everyday Health, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengusir dan mencegah si 'bau naga' mampir setiap pagi.


1. Perhatikan posisi tidurmu

Produksi air liur secara alamiah melambat saat kita tidur. Namun apabila kamu mendengkur atau tidur dengan mulut terbuka, mulutmu bisa menjadi kering. Semakin kering mulut, semakin sulit untuk melawan bakteri penyebab bau.

Biasanya orang yang kerap tidur tengkurap sering mendengkur, oleh karena itu temukan posisi tidur yang lebih baik dan nyaman agar tak ada lagi si 'bau naga'.

2. Sudah rajin sikat gigi?

Bakteri bisa berkumpul usai makan dan sebelum tidur, maka dari itu napas bau bisa muncul saat bangun tidur apabila kamu tidak menjaga kebersihan mulut.

Saran untuk menyikat gigi dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi sudah rutin tapi masih bau mulut? Jangan lupa untuk menyikat lidahmu secara perlahan atau gunakan mouthwash antibakteri.

3. Cek makananmu...

Jika kamu memakan makanan berbau seperti bawang putih dan bawang-bawangan lainnya, bisa meninggalkan bau cukup lama di mulutmu. Namun sesungguhnya nyaris semua makanan bisa menyebabkan bau tak sedap saat sisa-sisanya masih ada di mulut.

Saat berpuasa atau makan yang tidak teratur yang bisa menyebabkan bau mulut.


4. ....Dan juga minumanmu

Menyingkirkan bau mulut di pagi hari saat bangun tidur bisa dicegah dengan meminum air putih untuk tetap terhidrasi. Sehingga mulut tetap lembab dan bisa menyingkirkan makanan sisa dan bakteri.

Hindari mengonsumsi kopi dan alkohol karena bisa mempercepat pertumbuhan bakteri yang bisa membuat napas semakin bau. Selain itu, dua minuman tersebut juga bisa mengganggu tidurmu, lho.

5. Periksakan jika ada yang tak normal

Jika kamu sudah melakukan semuanya namun bau mulut tetap ada, kemungkinan besar ada penyakit atau kondisi medis yang menjadi penyebabnya. Misal, refluks asam, pilek, atau kondisi lainnya yang menyebabkan mulut kering.

Diabetes, penyakit liver atau hari, demam, dan bronkitis juga bisa menjadi penyebabnya. Segera periksakan untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar terhindar dari bau mulut.



Simak Video "55% Orang Tak Patuh Protokol Kesehatan karena Tak Ada Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)